SPAM Pengga Belum Bisa Beroperasi, Ancaman Pemenuhan Kebutuhan Air Bersih Saat MotoGP?

61
SPAM (Image source: Kementerian PUPR)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Proyek pengerjaan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Bendungan Pengga di Desa Plambik, Kecamatan Praya Barat Daya diperkirakan akan tuntas pada Agustus 2022 mendatang.

Melihat tenggat rencana pelaksanaan, SPAM yang dihajatkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut belum bisa dialirkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat gelaran event kelas dunia MotoGP pada Maret 2022 mendatang.

“Target pengerjaannya selesai bulan Agustus. Tapi begitu selesai belum bisa dioperasikan karena sarana prasarana pendukungnya belum jadi. Jadi pasti belum bisa penuhi kebutuhan air saat MotoGP,” kata Direktur Umum Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Tengah, Bambang Supratomo, Rabu (26/1/2022) di Praya.

Dijelaskan, SPAM Pengga yang dibangun dengan dana pusat sebesar Rp200 miliar itu diperkirakan akan beroperasi penuh pada awal tahun 2023 mendatang. Di mana, 75 persen air bersih dari SPAM tersebut akan diperuntukkan untuk KEK Mandalika. Sedangkan sisanya diperuntukkan bagi masyarakat.

Adapun untuk memenuhi kebutuhan air bersih saat event MotoGP, akan dilakukan dengan mengoptimalkan jaringan air yang saat ini sudah terpasang ke desa Kuta Mandalika.

“Ada jaringan air yang sudah ada ke arah desa Kuta itu yang akan kita maksimalkan. Jaringan yang tidak akan diganti agar lebih maksimal,”ujarnya.

Berkaca dari event World Superbike (WSBK) yang telah digelar, kebutuhan air bersih untuk event MotoGP diperkirakan mencapai 20-30 liter per detik. Karenanya, sudah ada dua tempat penampungan air berkapasitas masing-masing 500 meter kubik dan 750 meter kubik yang bisa memenuhi kebutuhan air bersih tersebut.

“Airnya dialiri dari wilayah utara. Ini kita lakukan sementara SPAM Pengga belum beroperasi,” katanya. (irs)