Stabilisasi Harga Bahan Pokok, Pemkab Lotim Adakan Pasar Murah

Masyarakat yang membeli bahan pokok di pasar murah, di Pringgasela, Senin (26/10/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim), gelar pasar murah bagi masyarakat. Ini guna menstabilkan harga bahan pokok di pasaran, juga memberikan harga murah bagi masyarakat di tengah Pandemi Covid-19.

Pasar murah tersebut juga dilaksankan agar masyarakat bisa melaksanakan hari besar islam yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW. Pasalnya, menjelang hari besar islam harga bahan pokok di pasaran mulai mengalami kenaikan. Sehingga Pemkab Lotim menggelar pasar murah tersebut sekaligus untuk stabilisasi harga.

“Itu yang kita antisipasi dengan menggelar pasar murah, sehingga masyarakat bisa memenuhi kebutuhan bahan pokok dengan harga terjangkau,” ujar Mirza Sopian, Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lotim, Senin (26/10).

Dalam hal ini, Disperindag Lotim menggandeng 13 Distributor bahan pokok dan juga kebutuhan lainnya yang memenuhi gizi 4 sehat 5 sempurna bagi masyarakat. Untuk bahan pokok sendiri, Disperindag Lotim menggandeng Distributor lokal, sedangkan untuk susu, minyak dan gula menggandeng Distributor luar.

“Untuk beberapa komoditi kita menggandeng Distributor luar, dikarenakan produksi komoditi tersebut tidak ada di Lotim,” ucapnya.

Pasar murah tersebut akan dilaksanakan di masing-masing kecamatan yang ada di Lotim, guna memberikan hak yang sama bagi masyarakat untuk mendapatkan harga bahan pokok yang murah.

Selain itu, Kabid Pengambangan Perdagangan Dalam Negeri Provinsi NTB, I Nyoman Darmilaswati mengatakan, ia sangat senang dengan adanya pasar murah di Lotim untuk membantu masyarakat menengah ke bawah untuk mendapatkan bahan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Kita di Provinsi rutin menggelar setiap menjelang hari besar ke bawah, semoga di Lotim juga begitu,” ujarnya pada waktu yang sama.

Lanjutnya, berhubung dengan adanya pandemi, langkah tersebut dirasa tepat dalam membantu masyarakat yang cukup merasakan ganasnya dampak yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19.