Sukses Raih Emas di PON, Huswatun Siap Jajal Kejuaraan Internasional

Huswatun Hasanah (tengah) bersama Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah (kanan) dan Ketua Kontingen NTB, Mori Hanafi (kiri) seusai memenangkan medali emas di PON XX Papua. (Inside Lombok/ist)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Setelah sukses menyumbangkan medali emas pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, atlet tinju asal Lombok Tengah (Loteng) Huswatun Hasanah akan langsung dikumpulkan kembali untuk menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) sebagai persiapan menghadapi beberapa kejuaraan internasional.

“Pemusatan latihan dilakukan untuk persiapan berlaga pada ajang Sea Games 2022 dan Asian Games 2022,” jelas Huswatun belum lama ini di Praya.

Ia mengatakan pemusatan dilakukan pusat guna menjamin kondisi atlet dalam keadaan sehat dan terhindar dari penyebaran Covid-19. Apabila berlatih bersama, potensi risiko tertular Covid-19 lebih minim.

“Yang ikut pelatnas ini yang terbaik di Indonesia gitu, yang diambil. Saya sudah dua kali ikut PON. Di Jawa Barat tahun 2016 dapat medali perak, dan kedua ini saya bisa dapat emas untuk NTB. Alhamdulilah,” ucapnya bersyukur.

Untuk diketahui, Kontingen PON NTB berhasil memecahkan rekor dengan meraih 15 medali emas dan menduduki peringkat sembilan secara nasional pada ajang PON XX di Papua. Dengan perolehan medali sebanyak 15 emas, 11 perak, dan 12 perunggu sehingga total yang dipersembahkan para atlet PON NTB sebanyak 38 medali.

Huswatun merupakan salah satu atlet tinju yang berhasil membawa satu medali emas untuk NTB pada cabang olahraga tinju. Sebelumnya dia juga menjadi salah satu petinju pertama wanita yang berhasil tembus dan mencetak prestasi di ajang ASBC Asian Elite Boxing Championship.

“Tahun 2018 saya ikut ajang Asian Games saya dapat medali perunggu. Kebetulan saya perempuan pertama yang menyumbang medali pertama untuk Indonesia,” ujarnya.