Tak Pernah Padam, Semangat Guru dan Murid SDN 13 Buwun Mas di Tengah Medan Berat Menuju Sekolah Mereka

54
Para siswa SDN 13 Buwun Mas, Dusun Panggang, Desa persiapan Belongas, Kecamatan Sekotong (Inside Lombok/ist)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Akses menuju SDN 13 Buwun Mas yang ada di Dusun Panggang, Desa Persiapan Belongas, Kecamatan Sekotong tidak mudah dilalui. Namun, tak menyurutkan semangat para guru yang mengajar di sana, serta muridnya yang tak kenal menyerah.

Melihat kondisi itu, Polsek Sekotong memberikan perhatian lebih, terutama dalam momentum peringatan hari guru besok. Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta turun langsung menyambangi para guru dan meninjau langsung kondisi pendidikan yang ada di daerah terpencil tersebut.

“Seperti yang kita ketahui bahwa, kondisi akses menuju menuju SDN 13 Buwun Mas masih sulit, terutama pada saat musim penghujan,” ungkap Kadek, Rabu (23/11/2022) kemarin.

Terlepas dari banyaknya kekurangan seperti akses jalan yang sulit dilalui, semangat para tenaga pendidik dan murid yang mesti menuntut ilmu di daerah yang berdekatan dengan pulau terluar Lobar, Sophia Louisa, itu patut diapresiasi. Kondisi ini dinilai Kadek membutuhkan kepedulian dan perhatian semua pihak.

“Kondisi akses masyarakat sudah sangat sulit, sehingga kami dengan segala upaya untuk membantu. Setidaknya memberikan motivasi baik untuk tenaga pengajar maupun anak-anak yang tengah mengenyam pendidikan,” terang dia.

Bahkan untuk bisa sampai ke SDN 13 Buwun Mas itu, personel Polsek Sekotong hanya bisa mengaksesnya menggunakan kendaraan roda dua jenis trail. Karena medan yang berbatu dan berlumpur, terlebih saat musim hujan seperti saat ini.

“Selain memberikan motivasi, kami juga memberikan pemahaman bahwa polisi adalah sahabat anak,” imbuhnya. Kapolsek Sekotong, bersama para personelnya pun menyerahkan sejumlah bingkisan kepada para murid SDN 13 Buwun Mas yang berprestasi, namun secara ekonomi dinyatakan kurang mampu.

“Intinya adalah untuk memberikan motivasi semangat para tenaga pendidik dalam kiprahnya meningkatkan kualitas Pendidikan. Terutama di daerah terpencil dan dalam menyongsong hari guru nasional ke-77,” pungkasnya. (yud)