Tak Terhalang Fasilitas, Siswa SMK NW Benteng Juarai LKS Tingkat Provinsi NTB

237
Rabi'atul Liana saat berhasil menyabet Juara 1, Selasa (28/06/2022). (Inside Lombok/Istimewa)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Rabi’atul Liana, siswi SMK NW Benteng, Kecamatan Pringgasela, Kabupaten Lombok Timur berhasil menjuarai Lomba Kompetensi Siswa (LKS) kategori Livestock Teknologi tingkat Provinsi NTB.

LKS sendiri adalah kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK yang setara dengan O2SN (Olimpiade Sains Nasional) yang diadakan di SMP/SMA. SMK NW Benteng dengan segala keterbatasan fasilitasnya ikut sebagai peserta, dan berhasil menyabet juara melalui perwakilannya.

Dengan fasilitas sekolah yang belum memadai, Rabi’atul Liana tak gentar menghadapi siswa/siswi dari perwakilan SMK Negeri yang ada di NTB. Berbekal pengetahuan tentang cara beternak ayam mulai dari anakannya hingga panen, ia berhasil menyabet juara dalam Kategori Livestock Teknologi pada LKS yang diadakan di Sumbawa.

“Berbekal dari ilmu pengetahuan dari sekolah tentang cara peternakan yakni penyuntikan panen dan pembedahan ayam, itu yang kita bawa untuk lomba kemarin,” katanya kepada Inside Lombok, Selasa (28/06).

Juara yang berhasil diraih oleh Rabi’atul membuat ia dipilih menjadi wakil NTB pada ajang tingkat nasional selanjutnya. Dengan begitu ia makin gencar untuk terus meningkatkan kemampuannya agar bisa membawa yang terbaik untuk NTB.

“Saat ini saya terus melakukan persiapan, pematangan, serta mengembangkan hasil temuan tentang ternak ini,” ucapnya.

Rabi’atul berharap ke depannya agar SMK NW Benteng lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah meskipun berada di naungan swasta. Baik itu dari fasilitas dan juga mata pelajaran yang diajarkan. Di mana saat ini hanya ada dua mata pelajaran saja yang disediakan di SMK tersebut.

“Semoga nanti lebih diperhatikan lagi dan agar bisa mencetak regenerasi yang lebih baik,” harapnya.

Sementara itu, Kepala SMK NW Benteng, Eko Purwanto mengatakan juara yang berhasil diraih oleh siswinya merupakan capaian yang sangat spesial bagi SMK NW Benteng. Meskipun di tengah kondisi fasilitas yang sangat minim.

“Ke depan kita akan siapkan fasilitas sarana dan prasarana untuk menunjang prestasi dan bahan ajar bagi siswa/siswi kita,” tuturnya.

Purwanto juga berharap agar SMK NW Benteng lebih diperhatikan lagi oleh pemerintah pusat, agar bisa memberikan ilmu pengetahuan yang maksimal bagi para siswa/siswi. Tentunya dengan fasilitas yang mumpuni.

“Kita berharap agar kita lebih diperhatikan terutama bagi siswi kita yang mendapat juara dan wakili NTB agar bisa melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi,” pungkasnya. (den)