Testis Membesar, Warga Praya Timur Ini Butuh Uluran Tangan

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Seorang warga Dusun Tanak Awu Desa Semoyang Kecamatan Praya Timur Kabupaten Lombok Tengah bernama Ruslan (48) mengalami kondisi pembengkakan yang cukup besar pada testisnya.

Kepala Desa Semoyang, Zul, mengatakan bahwa sejak empat tahun yang lalu Ruslan mengidap penyakit tersebut. Namun hanya dalam setahun belakang ini testisnya mulai membesar.

“Ini kan kalau dalam bahasa sini penyakit borok namanya, cuma kita belum cek apa penyebabnya. Kemarin sempat dioperasi di Rumah Sakit Bhayangkara Polda NTB dan Rumah Sakit Umum Provinsi, namun satu tahun terakhir ini membesar,” jelas Zul, Minggu (13/01/2019).

Ruslan tinggal bersama istrinya yang merupakan seorang buruh tani dan seorang anak yang sudah berkeluarga. Ruslan dulunya bekerja sebagai TKI di Malaysia, namun setelah mulai sakit ia berhenti kerja.

“Selama ini dia merantau untuk menafkahi istri dan anaknya, namun semenjak sakit beliau tidak bisa merantau,” ucap Zul.

Ia juga menjelaskan bahwa untuk saat ini Ruslan masih dirawat di rumahnya sampai BPJS yang sedang diurus pihak Desa Semoyang sudah terselesaikan. Zul mengatakan jika memungkinkan, Ruslan akan dirujuk ke rumah sakit di Bali untuk mendapatkan pengobatan lanjutan.

“Besok pagi ini saya perintahkan Kadus untuk selesaikan BPJS-nya yang ditanggung oleh desa. Tetapi tentu kita membutuhkan pihak-pihak terkait yang bisa memberikan bantuan,” ujarnya.

Mengenai bantuan, sejauh ini Endri Foundation telah melakukan kunjungan langsung ke kediaman Ruslan dan memberikan satu buah kursi roda. Yayasan tersebut juga membuka donasi bagi masyarakat yang ingin membantu Ruslan.

Sedangkan bagi warga Desa Samoyang yang ingin memberikan dana bantuan, bisa berdonasi melalui program sosial yang baru ini diterapkan oleh Zul selaku Kepala Desa.

“Masyarakat nanti akan memberikan sumbangan sekali sebulan, kemudian akan diakomodir oleh Lembaga Kemasyarakatan Desa dan itu akan kami sumbangkan kepada yang berhak menerima,” kata Zul.