Tiga Kloter Jamaah Haji Mataram Sudah Tiba di Mekkah

Suasana pelepasan calon haji musim haji 2019/1440 Hijriah asal Kota Mataram Embarkasi Lombok di halaman kantor Wali Kota Mataram. (Inside Lombok/ANTARA/Nirkomala)

Mataram (Inside Lombok) – Tiga kelompok terbang (kloter) jamaah haji asal Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, sudah berada di Tanah Suci Mekkah di Arab Saudi menuruut Kantor Wilayah  Kementerian Agama setempat.

“Alhamdulillah, Kloter 9 yang merupakan kloter terakhir rombongan calon haji Mataram berada di Mekkah setelah selesai melaksanakan ibadah arbain di Madinah,” kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam di Mataram, Senin.

Jamaah haji asal Kota Mataram pada tahun 2019 terdiri atas 757 orang. Mereka masuk dalam tiga kloter yakni Kloter 3 yang terdiri atas 450 orang, Kloter 7 yang terdiri atas 140 orang, dan Kloter 9 yang terdiri atas 167 orang.

Jamaah dalam Kloter 9 menempati Hotel Luk Luat di Aziziah, Mekkah, sebagaimana jamaah asal Embarkasi Lombok lainnya.

Burhanul menjelaskan bahwa keuntungan penempatan jamaah haji berdasar sistem zonasi per embarkasi adalah jamaah dari daerah yang sama bisa berkumpul di area yang sama sehingga lebih mudah bersilaturahmi.

“Sementara kelebihan sistem pemondokan zonasi bagi petugas, memudahkan untuk pengawasan dan koordinasi,” katanya.

Ia menjelaskan pula bahwa secara umum jamaah asal Mataram dalam keadaan sehat dan bisa menjalankan tahapan ibadah haji dengan baik.

“Semua jamaah kita sedang bersiap melaksanakan rukun wajib haji, dan aktif melakukan ibadah wajib shalat lima waktu di Masjidil Haram, ibadah-ibadah sunah serta ziarah ke tempat bersejarah di Mekkah,” katanya.

Sementara anggota jamaah dengan kondisi kesehatan berisiko tinggi karena berusia lanjut atau mengalami gangguan kesehatan, ia menjelaskan, menjalankan ibadah dengan pengawasan petugas pendamping dan petugas kesehatan. (Ant)