Tiga Siswa MAN 2 Mataram Diterima di Universitas Ternama Eropa

Mataram (Inside Lombok) – Tiga siswa alumni MAN 2 Mataram berhasil mendapatkan beasiswa studi jenjang S1 ke Eropa melalui program yang diselenggarakan oleh Sages Scholarship. Masing-masing siswa tersebut yakni Syafira Putri Muzakki, Rozi Hamzan Hadi, dan Muhammad Ghozy Abdurrahman diterima di berbagai universitas ternama kelas dunia.

Syafira diterima di fakultas kedokteran Jacob University Bremen, Jerman, Rozi diterima di fakultas kedokteran Oxford University, Inggris, dan Ghozy diterima di jurusan Soft Engineering, Jerman.
Wakil Kepala Bidang Humas MAN 2 Mataram Siti Rahmi mengatakan, ketiga siswa tersebut memiliki latar belakang jurusan IPA.

“Ghozy lulus dengan kategori Unconditional Prime. Sedangkan Syafira dan Rozi lulus dengan kategori Unconditional,” katanya, Senin (19/4/2021).

Rahmi menjelaskan, ada tiga kategori penerima beasiswa yang ditetapkan oleh pihak penyelenggara, yakni Unconditional Prime, Unconditional, dan kategori tambahan.

“Untuk kategori Unconditional Prime itu tidak dikenakan biaya tambahan sama sekali. Artinya seluruh biaya mulai dari persiapan keberangkatan, biaya studi, biaya hidup, dan biaya penunjang lainnya ditanggung oleh pihak penyelenggara,” ujar Rahmi.

“Sedangkan untuk yang kategori Unconditional itu ada dikenai biaya tambahan sebesar 40 persen untuk persiapan keberangkatan,” sambungnya.

Sebelum keberangkatan para penerima beasiswa ini terlebih dahulu akan mengikuti pre departure atau kelas persiapan yang akan dimulai pada bulan Mei-November 2021 mendatang. Pre departure dilakukan untuk persiapan agar para penerima beasiswa mampu beradaptasi dengan negara tujuan dan tidak kaget dengan budaya setempat.

“Secara umum materi yang dipelajari terkait dengan budaya dan akademik,” imbuhnya.

Sages Scholarsip merupakan program beasiswa yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengenyam pendidikan S1, S2, dan S3 ke 4 negara Eropa, yakni Austria, Inggris, Jerman, dan Swiss.

Beasiswa ini diselenggarakan oleh Global Village yang diprakarsai oleh Universitas Teknologi Sumbawa bersama dengan Grup Mentari Edukasi Indonesia. Seleksi Sages Scholarship dilakukan secara daring yang terdiri atas tes psikologi, tes kecerdasan linguistik, dan tes wawancara.