Upacara Peringatan HUT RI di Puncak Pal Jepang Dibatasi

Bukit Pal Jepang di Desa Sapit, Kecamatan Suela, Lotim, Sabtu (15/08/2020). (Inside Lombok/ Istimewa dari @didik3999).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Merayakan peringatan hari kemerdekaan selalu dirayakan meriah dan menarik oleh masyarakat. Terlebih perayaan upacara bendera di wilayah perbukitan maupun pegunungan sangat diminati masyarakat.

Bukit Pal Jepang salah satu bukit yang kini sedang naik daun di kalangan masyarakat. Keindahan di bukit ini dianggap sangat menarik jika melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan Indonesia. Namun, upacara peringatan kemerdekaan di sini dibatasi.

Sekretaris Pokdarwis Bukit Pal Jepang, Didik Kurniawan mengatakan untuk persiapan upacara di bukit Pal Jepang sama seperti tahun lalu, hanya saja pihak pokdarwis tidak melaksanakan event kemeriahan seperti biasanya.

“Kami cuma menganjurkan para pendaki akan apel seperti biasa,” ucapnya.

Wisatawan yang akan melaksanakan upacara di Bukit Pal Jepang diimbau untuk membawa bendera masing-masing dan untuk menyemarakkan hari kemerdekaan, pihak pokdarwis mengajak wisatawan untuk clean up bersama.

Untuk wisatawan dibatasi hanya 150 orang untuk per harinya. Hal tersebut guna menjaga kelestarian alam dan agar tidak merusak ekosistem yang ada di sana.

“Pendakian setiap hari kami batasi, makanya kami menerapkan booking online dulu sebelum naik ke bukit, jauh sebelum hari pendakian pengunjung,” jelasnya.

Pokdarwis Bukit Pal Jepang sudah mempersiapkan SOP pendakian yang ketat, baik itu pemeriksaan barang bawaan agar kejadian seperti di Bukit Savana Propok tidak terjadi di sana.