Urus SKCK di Polres Loteng Bisa Lewat Whatsapp, Catat Caranya

10
Petugas menempel pengumuman di Polres Lombok Tengah (Inside Lombok/Fahri)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Sebagai upaya mempermudah pelayanan publik bagi pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), Kepolisian Resor Lombok Tengah (Loteng) menghadirkan pelayanan SILAQ (SKCK Inovatif Langsung Aman & Quickly).

Kapolres Loteng, AKBP Hery Indra Cahyono, mengatakan SILAQ merupakan salah satu Inovasi Satuan Intelkam Polres Lombok Tengah untuk mempermudah pelayanan penerbitan SKCK bagi masyarakat dengan sistem kolektif melalui sekolah, kampus, perusahaan atau instansi lain secara langsung, aman dan cepat.

“Jadi mekanismenya, pemohon tinggal menghubungi nomor hotline SKCK yang sudah disediakan untuk permohonan SKCK secara kolektif, kemudian nanti petugas kami yang akan mendatangi guna mengumpulkan berkas-berkas,” ujar Hery.

Selain itu pihaknya juga memberikan pelayanan SKCK via WhatsApp. Sehingga masyarakat cukup mengirim persyaratan melalui nomor WhatsApp yang sudah disediakan dan dapat mengambil SKCK setelah selesai.

“SILAQ ini sebenarnya sudah lama berjalan dan sebagai salah satu upaya dalam menyikapi situasi pandemi Covid-19, guna mencegah adanya kerumunan waktu itu,” jelas Kapolres.

Untuk diketahui, melalui inovasi SILAQ tersebut Polres Loteng menjadi satu-satunya perwakilan Polda NTB dalam mengikuti kompetisi seleksi inovasi pelayanan publik di masa Pandemi Covid-19 tahun 2022.

“Kami berharap dengan adanya SILAQ ini dapat menjadi motivasi bagi personel Polres Lombok Tengah dalam memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat,” imbuhnya. (fhr)