Vaksinasi Booster Dimulai di Lombok Tengah

37
Suntik vaksin Covid-19 ketiga (booster) di Rumah Sakit Internasional Mandalika, Rabu (19/1/2022). (Inside Lombok/Ida Rosanti)

 

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Suntik vaksin Covid-19 ketiga atau booster akhirnya dimulai di Lombok Tengah. Kick off program tersebut dilakukan di Rumah Sakit Internasional Mandalika, Rabu (19/1/2022).

Komandan Kodim 1620/Lombok Tengah, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan usai kegiatan tersebut mengatakan, pihaknya mendukung Pemda mempercepat capaian target vaksinasi tahap ketiga tersebut.

“Kegiatan itu diikuti sekitar 100 masyarakat lokal dan WNA yang menjadi peserta vaksinasi massal,” katanya.

Pemerintah Provinsi NTB mulai memberikan suntikan vaksinasi booster secara gratis bagi seluruh masyarakat. Pelaksanaan penyuntikan vaksin booster saat ini telah dimulai di wilayah Lombok Tengah dengan prioritas bagi Lansia dan kelompok rentan, serta sudah menerima vaksin dosis kedua lebih dari 6 bulan sebelumnya.

“Kami TNI Kodim 1620/Loteng senantiasa mendukung pemberian vaksinasi lanjutan atau booster ke masyarakat guna menambah perlindungan diri dari ancaman Covid-19 dan untuk mendukung event MotoGP 2022,” ujar Dandim.

Namun demikian, ia mengatakan kesiapan Tim Satgas Percepatan Vaksinasi, fasilitas dan tenaga kesehatan juga tak kalah penting untuk dikuatkan. Hal itu untuk mendukung seluruh program-program vaksinasi.

“Kami berharap program booster vaksinasi ke masyarakat Lombok Tengah dapat berjalan dengan baik, sehingga target minimal 70 hingga bahkan 100 persen vaksinasi di wilayah Lombok Tengah segera bisa mencapai sasaran,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga menyoroti besarnya ancaman dari varian Omicron. Dandim menilai pentingnya perlindungan lebih bagi lansia, kelompok rentan, dan warga yang belum divaksin. Oleh karenanya, Ia juga berharap pemberian vaksinasi dosis I dan II bagi lansia harus menjadi perhatian.

“Sebab Omicron juga memiliki potensi yang berdampak fatal bagi kelompok-kelompok tersebut. Karena itu, kami TNI Kodim 1620/Loteng mendorong percepatan vaksinasi yang harus digalakkan,” ungkap Dia.

Lebih lanjut, dia menghimbau masyarakat yang memiliki keluarga lanjut usia, apabila keluarganya belum mendapatkan suntikan vaksin, untuk segera mengajak keluarganya melakukan vaksinasi.

“Karena ini penting agar ibu-bapak dan kakek-nenek kita lebih terjamin keselamatannya dan terhindar dari bahaya Covid-19,” tutupnya. (irs)