Vaksinasi Terhadap Nakes di Lotim Mulai Dilakukan

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pelaksanaan vaksinasi terhadap para Tenaga Kesehatan (Nakes) di Kabupaten Lombok Timur (Lotim) mulai dilaksanakan pada Rabu (03/02/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Lotim, H Fathurahman mengatakan, pelaksanaan vaksinasi terhadap para nakes dilakukan secara bertahap dan akan menerima vaksinasi sebanyak dua kali dosis.

“Sebanyak 5.360 nakes yang akan divaksin dan akan menerima dosis selanjutnya setelah 14 hari ke depan,” jelasnya kepada Inside Lombok melalui WhatsApp, Rabu (03/02/2021).

Proses vaksinasi tersebut dilaksanakan di 35 puskesmas, RSUD R Soedjono Selong, RSLT, dan dua rumah sakit swasta lainnya. Hal tersebut untuk memastikan kesehatan dan meningkatkan imun para nakes agar terhindar dari paparan Covid-19.

“Dalam sehari minimal 20 nakes yang divaksin dalam satu puskesmas,” ujarnya.

Untuk sasaran vaksinasi nakes sebanyak 5.360 tersebut nantinya akan dilakukan rekapitulasi data pada akhir pelaksanaan vaksinasi terkait berapa jumlah nakes yang ditunda vaksinasinya dikarenakan tidak memenuhi syarat vaksinasi.

“Nakes yang ditunda vaksinasinya tersebut lantaran tensi darahnya tinggi, pernah positif, dan juga nakes yang hamil serta menyusui,” imbuhnya.