Wabup Lotim Minta BUMDes Berinovasi

Wabup Lotim, H Rumaksi saat ditemui beberapa waktu lalu, Jumat (24/09/2021). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya di tingkat desa, Wakil Bupati Lombok Timur (Lotim), H. Rumaksi meminta Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) berinovasi, agar nantinya bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat.

Dalam tercapainya inovasi yang baik dari pihak BUMDes, Rumaksi meminta kepada para Kepala Desa agar bisa memberikan kepercayaan kepada pengurus BUMDes.

“Saya minta agar kepala desa memberikan kepercayaannya. Agar BUMDes juga bisa berinovasi,” jelasnya, Jumat (24/09/2021).

Dalam pengelolaan BUMDes, Rumaksi juga meminta agar menerapkan jiwa pengusaha. Di mana dengan modal yang kecil bisa meraup keuntungan yang besar, sehingga nantinya bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Kita harapkan ada kemajuan dari BUMDes dan bisa mendatangkan kesejahteraan bagi masyarakat,” katanya.

Dalam mencapai kesejahteraan bagi masyarakat, Pemkab Lotim sebelumnya telah meluncurkan program Lotim Berkembang. Di mana dalam program tersebut, masyarakat diberikan pinjaman modal usaha untuk beternak sapi tanpa bunga.

“Kita sudah luncurkan program itu untuk memberantas rentenir, sehingga nantinya tidak ada lagi masyarakat yang tercekik akibat bunga dari hasil pinjaman rentenir,” imbuhnya.

Dengan begitu para peternak sapi dapat merubah hidup keluarganya. Hampir seluruh desa di Lombok Timur saat ini telah memiliki BUMDes. Akan tetapi dari segi kualitas masih harus terus ditingkatkan, utamanya dengan memanfaatkan secara optimal potensi desa masing-masing.