Wali Kota Mataram Serahkan Bantuan Alat Produksi pada UKM Terdampak Covid-19

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh memberikan bantuan kepada pelaku UKM di Kota Mataram, Rabu (14/10/2020). (Inside Lombok/Istimewa dari Diskominfo Mataram)

Mataram (Inside Lombok) – Wali Kota Mataram H. Ahyar Abduh memberikan bantuan alat produksi kepada UKM (Usaha Kecil Menengah) di Kota Mataram, Rabu (14/10/2020), bertempat di Aula Pendopo Wali Kota Mataram. Ini merupakan dukungan dari Pemkot kepada pelaku UKM, terutama yang terdampak covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, Ahyar menyampaikan bantuan yang diberikan untuk membantu UKM agar bisa meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi setiap pelaku usaha di Kota Mataram. Pasalnya ditengah situasi pandemi Covid-19, setiap pelaku usaha harus diberikan dukungan untuk menjaga perekonomian masyarakat.

Adapun bantuan alat produksi yang diberikan tidak lepas dari kondisi pandemi Covid-19, dan memiliki kesinambungan dalam program pemerintah seperti Jaring Pengaman Sosial (JPS).

Walaupun dalam kondisi pandemi, Wali Kota merasa bangga dan memberikan apresiasi terhadap perkembangan UKM di Kota Mataram. Pasalnya dalam beberapa kurun waktu terakhir kelompok usaha kecil telah melewati fase yang sulit dengan baik.

Pada tahun 1998 Kelompok usaha kecil, menghadapi krisis moneter, kemudian pada tahun 2018 melewati musibah gempa dan terakhir, saat ini, sedang diuji dengan pandemi Covid-19 yang tidak hanya melanda Kota Mataram, melainkan seluruh dunia.

“Saya merasa bangga dengan perkembangan UKM dan IKM (Industri Kecil Menengah) di Kota Mataram” ungkapnya.

Dengan pemberian bantuan ini, Wali Kota berharap perkembangan UKM Kota Mataram bisa berjalan dengan lancar.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perindustrian, Koperasi, dan UKM Kota Mataram I Gusti Ayu Yuliani menjelaskan bantuan yang diberikan berupa Oven sebanyak 30 unit, mesin spiner sebanyak 20 unit, mesin pemecah kedelai sebanyak 15 unit, dan mesin las sebanyak 5 unit. Dengan total UKM dan IKM penerima sebanyak 70 kelompok usaha se Kota Mataram.