Warga Loteng Diminta Waspada Dampak Cuaca Ekstrim

Ilustrasi cuaca ekstrem (Image source : MerahPutih)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Dandim 1620/Loteng, Letkol Inf. I Putu Tangkas Wiratawan meminta masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem disertai angin kencang, petir dan gelombang tinggi di sekitar wilayah perairan.

Selain itu, masyarakat perlu mewaspadai daerah rawan banjir dan tanah longsor. “Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), telah mengeluarkan warning cuaca dan peringatan dini cuaca ekstrem dengan potensi terjadinya hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang,” ujarnya Senin (6/12/2021) di Praya.

Cuaca ekstrem ini diperkirakan masih akan terus berlangsung. Akibat cuaca ekstrim disertai angin kencang dan hujan lebat yang melanda, berpotensi terjadinya bencana susulan seperti longsor, banjir, pohon tumbang dan pergeseran tanah.

Terkait hal itu, dia memandang perlunya prajurit TNI di jajarannya untuk mengambil langkah antisipasi terhadap kemungkinan dampak yang dapat ditimbulkan.

“Saya perintahkan kepada semua prajurit untuk waspada dan membantu masyarakat secepat-cepatnya apabila terjadi bencana. Kita harus antisipasi dampak cuaca ekstrim ini,” katanya.

Dia menekankan agar prajurit khususnya Babinsa agar senantiasa melakukan monitoring di masing-masing wilayah binaan, sehingga tahu setiap perkembangan situasi yang terjadi.

“Maka kita sebagai prajurit juga harus siap, sehingga saat ada kejadian, kita tidak gagap. Terus lakukan monitoring di wilayah-wilayah. Pokoknya segala macam bentuk kejadian kita harus siap,” tegasnya. (irs)