26.5 C
Mataram
Minggu, 23 Juni 2024
BerandaDaerahKemenag Lotim Pastikan Jemaah Haji Tetap Sehat Jalani Ibadah

Kemenag Lotim Pastikan Jemaah Haji Tetap Sehat Jalani Ibadah

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Timur (Lotim) pastikan kondisi para jemaah haji yang sedang melaksanakan rangkaian ibadah haji saat ini, semuanya dalam kondisi sehat dan belum ada yang terkonfirmasi menjalani perawatan pada fasilitas kesehatan yang telah disediakan.

Semua kloter jemaah haji asal Lotim sudah sampai di Tanah Suci Makkah dan sedang menjalani rangkaian pelaksanaan ibadah haji. Di mana sampai saat ini kondisi para jemaah dipastikan dalam kondisi sehat.

Kasi Haji dan Umrah Kemenag Lotim, Makkinuddin mengatakan setelah adanya satu orang jemaah yang meninggal dunia di Arab Saudi, sampai saat ini tidak ada laporan lagi terkait jemaah haji yang kurang sehat dan menjalani perawatan intensif di fasilitas kesehatan yang disediakan.

“Sampai saat ini belum ada informasi yang kita dapatkan terkait jemaah kita yang kurang sehat, semuanya dalam kondisi sehat dan sedang menjalankan ibadah haji,” ungkapanya, Senin (10/06/2024).

- Advertisement -

Diterangkannya, sebanyak 45 jemaah haji asal Lotim masuk dalam kategori lansia dan difasilitasi dengan kursi roda beserta pendamping untuk menjalankan rangkaian ibadah. Nantinya pendampingan khusus akan diberikan kepada lansia mulai dari pemberangkatan, pelaksanaan ibadah haji, hingga kepulangannya ke tanah air. “Untuk lansia diberikan pendampingan khusus dan kesehatannya juga dipantau,” terangnya.

Diakui Makkinuddin, memang beberapa jemaah haji mengalami kondisi yang tidak fit lantaran mengidap flu dan batuk lantaran belum terbiasa dengan cuaca yang ada di Arab Saudi. Namun hal itu dikatakannya tidak parah dan jemaah masih dapat menjalankan ibadah haji. “Hanya mengidap flu dan batuk saja karena belum terbiasa dengan cuaca panas Arab Saudi, tapi mereka sudah sehat kembali,” jelasnya.

Untuk menjamin kondisi kesehatan para jemaah haji itu sendiri, Makkinuddin mengatakan Kemenag secara rutin melakukan skrining kepada para jemaah. Bahkan Tim Kesehatan rutin menyambangi para jemaah ke kamarnya untuk memantau kesehatannya. “Semoga jemaah kita tetap dalam kondisi sehat dan selamat hingga pulanh ke tanah air dan dapat menjalankan segala rangkaian ibadah haji untuk mendapatkan haji yang mabrur,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer