27.5 C
Mataram
Senin, 24 Juni 2024
BerandaDaerahNTBTujuh Jemaah Sedang Dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi

Tujuh Jemaah Sedang Dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi

Mataram (Inside Lombok) – Semua jemaah haji embarkasi Lombok sudah berangkat ke Tanah Suci. Kloter 13 sebagai kloter terakhir diberangkatkan Selasa (28/5) ini. Berdasarkan informasi yang diterima, sebanyak 12 jemaah sudah mendapatkan perawatan di rumah sakit Arab Saudi.

Epidemiolog Kesehatan Ahli Muda, Rahmayani Triani mengatakan dari 12 jemaah yang mendapatkan perawatan tersebut, lima di antaranya sudah sembuh dan kembali bersama kelompoknya serta mulai melakukan ibadah. Sedangkan tujuh jemaah lainnya saat ini masih dalam perawatan.

“Saya belum tahu sakitnya, tapi sekarang lima jemaah sudah sembuh,” katanya. Tim medis yang ada di masing-masing kelompok tetap memantau kesehatan para jemaah yang sudah tiba di Tanah Suci pada musim haji tahun ini. “Belum ada update terbaru. Karena data itu ada di Siskohat,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Pembekalan Haji, Ali Sahbana mengatakan total jemaah haji embarkasi Lombok yaitu sebanyak 4.786 orang. Dari jumlah ini ada yang melakukan mutasi pemberangkatan. Artinya, tidak berangkat melalui embarkasi Lombok melainkan daerah lain.

- Advertisement -

“Ada kuota tambahan sejumlah 287. Sehingga total kota NTB itu 4.786 orang. Ada juga perpindahan yaitu orang-orang dari Provinsi NTB ke luar atau yang dari luar ke NTB,” ujarnya.

Untuk jemaah dari luar yang berangkat melalui embarkasi Lombok yaitu sebanyak empat orang. Sedangkan yang keluar dari NTB dan berangkat melalui daerah yaitu sebanyak 20 orang.

“Terjadi pengurangan dari yang mutase keluar itu 16 orang. Ada juga yang lunas tunda itu sebanyak 36 orang dan cadangan yang naik itu 329 jemaah. Total jemaah haji NTB yaitu sebanyak 4.77o orang,” katanya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer