Beberapa Jenis Fobia yang Mungkin Tak Kamu Sangka Ada di Dunia

Mataram (Inside Lombok) – Fobia diartikan sebagai ketakutan berlebih terhadap sesuatu. Bisa itu objek atau situasi tertentu. Beberapa orang yang mengalami fobia bahkan tidak mengetahui penyebab dari ketakutannya tersebut. Sehingga mereka tidak bisa mengatasinya.

Pada situasi yang parah, penderita fobia akan berusaha menghindari objek dan situasi yang dianggap menakutkan tersebut. Sehingga berakibat stres dan muncul kecemasan yang berlebihan.

Dikutip dari beberapa sumber, berikut beberapa jenis fobia unik yang keberadaannya mungkin bisa buat kamu tidak percaya:

1. Gerontophobia
Ketakutan akan menjadi tua. Ketakutan ini didasari pada pemikiran bahwa semakin tua, maka akan semakin dekat dengan kematian. Biasanya orang yang mengalami fobia jenis ini akan sangat memperhatikan penampilannya. Ia akan selalu berusaha tampil mengesankan dan awet muda.

2. Xanthophobia
Ketakutan akan benda berwarna kuning. Tidak diketahui alasan pasti tentang fobia ini, tapi setiap penderita yang mengalami fobia ini selalu ketakutan jika melihat benda berwarna kuning, bahkan mendengar kata “kuning”.

3. Agmenophobia
Ketakutan salah mengambil antrean. Alasan dari munculnya fobia jenis ini adalah karena takut antrean yang diambil mungkin akan lebih lama daripada antrean sebelah. Bisa terjadi di supermarket, antri membeli makanan, atupun tempat lainnya.

4. Anuptaphobia
Ketakutan akan melajang selamanya. Dasar dari ketakutan ini adalah karena takut kesepian. Orang yang mengalami fobia ini takut menghabiskan hidupnya sendirian atau takut menikahi orang yang salah.

5. Phobophobia
Ketakutan akan memiliki fobia. Fobia yang satu ini seperti fobia di atas fobia. Fobia jenis ini bisa muncul karena terlalu khawatir akan memiliki fobia atau ketakutan yang berlebih atas fobia yang telah dimiliki.

Dari beberapa fobia di atas masih banyak lagi jenis fobia yang lain. Jika merasa butuh bantuan sebaiknya langsung berkonsultasi dengan ahlinya.