Begini Trend K-Pop di Kalangan Anak Muda Lombok

(sumber foto: allkpop.com)

Mataram (Inside Lombok) – Kini fenomena K-pop telah menjadi trend baru bagi remaja bukan hanya di Indonesia tapi juga negara-negara lainnya. Awalnya trend K-pop masuk Indonesia tahun 2010, namun belum terlalu melekat di kalangan remaja. Dengan seiring berjalannya waktu kini trend K-pop telah merajalela dikalangan muda, termasuk di Lombok.

Hal tersebut dapat terlihat dari cara mereka berpenampilan maupun bersosialisasi. Bukan hanya itu saja, budaya-budaya dari K-pop seperti bahasa, budayanya, atau makanannya juga telah meracuni para remaja.

Beberapa idol K-pop yang pasti para remaja kenal seperti Super junior, SNSD, Bigbang, Wonder Girls, 2NE1, BTS hingga yang baru-baru ini tampil di televisi Indonesia iKON. Tidak hanya di Indonesia, idol K-pop tersebut juga telah terkenal hingga ke daratan eropa. Bahkan di Indonesia sendiri, K-Pop sudah banyak diketahui hingga di pelosok desa.

Visual idol menjadi salah satu alasan melejitnya K-pop di Indonesia. Musik yang dominan tentang cinta dan persahabatan dengan tarian khas juga menjadi alasan serta dari segi fashion yang terkesan unik dan inovatif namun tidak ekstrem.

Demam K-pop membuat para remaja lebih memilih berpenampilan seperti idol mereka, lebih menyukai budaya dan kebiasaan dari luar yang terkadang bersebrang dengan budaya kita sendiri. Selain itu juga, remaja yang menyukai K-pop akan menjadi sangat boros karena harus membeli album, merchandise idol kesukaan atau bahkan untuk menonton konser.

Demam K-pop juga memiliki dampak positif seperti dapat mempelajari bahasa asing dari musik ataupun dramanya. Dapat menjadi peluang lapangan pekerjaaan karena minat K-pop yang banyak. Terutama dari merchandise K-Pop yang mana harganya pun terbilang tidak murah.

Di Lombok sendiri sudah beberapa kali diadakan kegiatan K-Pop. Para pecinta musik korea ini berkumpul dengan melakukan dance cover dan bernyanyi. Mereka memperkenalkan juga K-Pop kepada masyarakat yang mungkin belum banyak tahu tentang musik ini. Mereka menyebut diri mereka Fandom. Misalnya Fandom SNSD, Fandom GFriend, Fandom BTS, Fandom Exo dan banyak lainnya.