Dispar Gandeng Bank Sampah di Festival Bau Nyale 2019

Mataram (Inside Lombok) – Festival Pesona Bau Nyale merupakan salah satu dari empat agenda acara pariwisata nasional 2019 di Nusa Tenggara Barat (NTB). Festival yang digelar mulai 17 Januari lalu sampai 25 Februari 2019 akan didukung penuh oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia (Kemenpar RI).

Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) NTB, Lalu Muhammad Faozal, menerangkan bahwa Festival Pesona Bau Nyale ini akan disosialisasikan secara maksimal. Dengan memanfaatkan media sosial dan juga siaran televisi nasional.

“Target pengunjung festival kali ini adalah 1,5 juta wisatawan domestik. Sedangkan wisatawan mancanegara masih didorong dengan cara berkomunikasi serta berbagi informasi dengan para penggiat dan pengusaha pariwisata beserta organisasinya,” ujar Faozal Ketika dimintai keterangannya pada Kamis (24/01/2019).

Salah satu masalah yang menjadi perhatian terkait hal tersebut adalah masalah pengelolaan sampah. Untuk mengatasinya, dalam Festival Pesona Bau Nyale tahun ini, pihak panitia dari Kemenpar RI bersama Kadispar NTB akan menggandeng Bank Sampah.

“Kita akan berdayakan Bank Sampah dalam acara tersebut. Masyarakat sekitar juga akan menyediakan kantong plastik sekali pakai untuk mengumpulkan sampah,” ujar Faozal.

Menaggapi hal tersebut, Staf Ahli Kemenpar RI, Hesty Reko Astuti, menyampaikan bahwa dalam Festival Pesona Bau Nyale tahun ini akan diadakan sosialisasi terkait dengan program Zero Waste atau Bebas Sampah yang menjadi program unggulan NTB saat ini.

“Di festival tersebut, kita akan adakan kampanye terkait Zero Waste. Kita akan hadirkan duta Zero Waste,” ujar Hesty.