Mitos Mistis Gunung Rinjani

Mataram (Inside Lombok) – Di setiap tempat pasti terdapat berbagai mitos yang dipercaya oleh masyarakat. Tak terkecuali Gunung Rinjani yang terdapat di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Walaupun menjadi salah satu spot wisata favorit bagi pendaki, ternyata gunung yang dianggap sakral ini menyimpan banyak mitos misteri di baliknya.

Berikut mitos mistis yang ada di Gunung Rinjani:

1. Tempat tinggal Dewi Anjani
Gunung Rinjani diakui oleh masyarakat sebagai tempat tinggal Dewi Anjani, yaitu ratu jin penguasa yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani. Dewi Anjani memiliki pengikut bangsa jin yang mempunyai sifat-sifat baik dan seringkali menolong pendaki yang tersesat.

2. Istana Dewi Anjani di Segara Muncar
Dari arah puncak Rinjani ke arah tenggara, terdapat kaldera yang dinamakan Segara Muncar. Kaldera ini dipercaya sebagai istana ratu jin Dewi Anjani. Sebagian masyarakat meyakini bahwa pada waktu-waktu tertentu istana tersebut akan terlihat.

3. Pendaki yang hilang masuk ke dunia jin
Banyak pendaki yang hilang dan tidak ditemukan saat mendaki Gunung Rinjani. Masyarakat Lombok meyakini bahwa pendaki-pendaki yang hilang itu tersesat ke dunia jin.

4. Mitos Danau Segara Anak
Danau Segara Anak merupakan danau yang dianggap suci. Oleh karena itu, setiap orang dilarang berenang di danau ini. Jika melanggar, maka akan terjadi sesuatu yang buruk padanya, seperti tenggelam. Ada juga mitos lain, yaitu jika pendaki melihat Danau Segara Anak yang luas, maka umurnya akan panjang. Sebaliknya, jika pendaki melihat danau yang sempit, makan umurnya tinggal sebentar.

5. Dilarang berkeluh kesah dan berpikiran negatif
Ini merupakan mitos yang sering kita dengar juga pada gunung lain di Indonesia. Di Gunung Rinjani, jika pendaki berkeluh kesah dan berpikiran negatif, maka hal aneh akan terjadi sesuai dengan apa yang mereka katakan dan pikirkan.