Stephen Hillenburg Meninggal, Pecinta Kartun Spongebob Squarepants Berduka

Mataram (Inside Lombok)- Pecinta animasi Spongebob Squarepants tengah berduka, pasalnya animator terkenal pencipta tokoh kantun Spongebob Squarepants, Stephen Hillenburg dikabarkan meninggal.

Kabar kepergian Stephen Hillenburg ini telah dikonfirmasi olek pihak Nickelodeon melalui akun resminya pada hari selasa (27/11/2018). Hillenburg meninggal pada usia 57 tahun.

“Dengan sedih kami mengabarkan berita kematian Stephen Hillenburg, pencipta Spongebob Squarepants. Hari ini, kami mengheningkan cipta untuk menghormati hidup dan karyanya,” isi unggahan Nickelodeon.

Tahun lalu, Hillenburg mengatakan bahwa dirinya menderita penyakit Neurodegenetif ALS, yang juga dikenal sebagai penyakit Lou Gehrig. Dia meninggal pada hari Senin (26/11/2018).

“Kami sangat sedih dengan berita bahwa Stephen Hillenburg telah meninggal dunia setelah melawan penyakit ALS yang dideritanya. Dia adalah seorang teman yang sangat dicintai dan mitra kreatif lama untuk semua orang di Nickelodeon, dan hati kami pergi keseluruh keluarganya,” kata perwakilan Nickelodeon dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters.

Penyakit ALS ini pernah tenar lewat kampanye Ice Bucket Challenge. Jadi, penyakit ini merupakan gangguan yang menyerang saraf motorik diotak dan tulang belakang.

Stephen Hillenburg lahir dari pasangan guru dan seniman di Lawton 1961, kemudian pindah ke California ketika dia berumur 1 tahun. Hillenburg sedari kecil sangat menyukai komik.

Hillenburg mengawali karirnya sebagai guru biologi kelautan di Ocean Institute. Namun disela-sela kesibukan mengajarnya dia tetap menggambar seperti hobinya sejak kecil.

Perjalanan yang berliku-liku tidak membuat Stephen Hellinburg menyerah. Hingga akhirnya dia memutuskan untuk mundur dari Ocean Intitute lalu mengambil study animasi ekperimental di California Institute of The Arts pada tahun 1992.

Keunikan cerita dan gambarnya lah membuat sutradara Jules Engel tertarik. Kegigihan Hillenburg membuatnya bertemu dengan Joe Murray dari Nickelodeon.

Kisah tokoh Spongbob Squrepants dan Bikini Bottom sukses menarik perhatian pencinta animasi dari kalangan anak kecil sampai dewasa hingga saat ini.

“Karakter-karakter orisinalnya dan dunia Bikini Bottom akan menjadi pengingat nilai optimisme, persahabatan, dan kekuatan imajinasi tak terbatas,” kata perwakilan perusahaan Nickelodeon, dilansir dari USA Today

Hillenburg meninggalkan seorang istri bernama Karen Hillenburg dan seorang putra bernama Clay. (IL6)