Dispar Mataram Siapkan Hiburan Rakyat Malam Tahun Baru 2020

Taman Sangkareang ini akan menjadi pusat perayaan malam Tahun Baru 2020, yang dilaksanakan Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. (Foto: Inside Lombok/ANTARA News/Nirkomala)

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Pariwisata (Dispar) Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), menyiapkan sejumlah hiburan rakyat pada malam Tahun Baru 2020, yang dipusatkan di Taman Sangkareang agar warga kota tidak keluar kota merayakan malam pergantian tahun.

“Pada Selasa malam (31/12), kami menyiapkan waktu empat jam di Taman Sangkareang untuk berbagai hiburan rakyat sembari menunggu detik-detik malam pergantian tahun,” kata Kepala Dispar Kota Mataram I Made Swastika Negara di Mataram, NTB, Senin.

Ia mengatakan beberapa hiburan rakyat yang disiapkan itu antara lain penampilan sejumlah band lokal, pementasan tari tradisional dan modern, serta pagelaran cerita rakyat yang akan dimainkan oleh sejumlah warga di kota ini.

Setelah itu pada pukul 23.00 WITA, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh bersama dengan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Mataram akan menuju lokasi peringatan malam Tahun Baru.

“Tepat pada pukul 00.00 WITA Pak Wali Ahyar Abduh akan menekan sirine sebagai tanda masuknya Tahun 2020, bersamaan dengan itu lima kembang api pun dinyalakan,” katanya.

Swastika Negara berharap dengan adanya kegiatan perayaan malam Tahun Baru 2020 di Lapangan Sangkareang, diharapkan bisa memberikan hiburan bagi masyarakat sehingga tidak pergi ke luar kota.

“Untuk kegiatan di luar Lapangan Sangkareang mungkin ada, tetapi itu dikoordinasi oleh aparat kecamatan dan kelurahan. Kalau kami fokus di Lapangan Sangkareang,” katanya.

Hal senada juga disampaikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Mataram Lalu Martawang, perayaan malam Tahun Baru di Taman Sangkareang dimaksudkan juga agar masyarakat tidak ke luar kota.

“Di Sangkareang sudah kita siapkan, ada hiburan dan kembang api. Maka berinteraksilah di situ dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban,” katanya. (Ant)