Majukan UMKM Wanita di Era New Normal Melalui IWAPI Trade Fair 2020

Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi NTB Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi SH bersama panitia penyelenggara IWAPI Trade Fair 2020 saat acara pembukaan, Sabtu (05/09/2020). (Inside Lombok/Queen Nazhofah).

Mataram (Inside Lombok) – Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) menggelar pameran sejumlah produk UMKM dari berbagai pelaku usaha wanita di NTB. IWAPI Trade Fair 2020 ini dilaksanakan selama dua hari berturut-turut mulai tanggal 5-6 September berlokasi di Atrium Lombok Epicentrum Mall.

Pembukaan acara ini turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah sekaligus Kepala Pelaksanaan Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTB, H. Lalu Gita Ariadi, Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi NTB Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi SH, dan Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi NTB Bidang UMKM, Koperasi dan Industri Kreatif Ir. Lalu Anas Amrullah, dan perwakilan organisasi-organisasi wanita se-NTB.

Ketua Panitia Acara IWAPI Trade Fair 2020 Indah Purwanti N, SE mengatakan bahwa terdapat sekitar 71 tenan yang turut berpatisipasi pada event ini. Sekitar 90 persen di antaranya merupakan hasil produk UMKM NTB dan 10 persen adalah sponsor.

“Tentunya rangkaian acaranya sangat bermanfaat bagi kita semua, terutama untuk para wanita. Acara ini kami persembahkan dari wanita untuk wanita. Berbagai acara talkshow semua ada dalam dua hari. Ada lomba, workshop, dan seputar wanita,” terang Indah, Sabtu (05/09/2020).

Dalam sambutannya, pelaksanaan Iwapi Trade Fair NTB 2020 ini sempat tertunda dan seharusnya dilaksanakan pada 27 Maret lalu. Namun karena pandemi Covid-19, pihaknya terpaksa untuk menunda.

Mengangkat tema UKM Wanita bangkit di Era New Normal, Indah menuturkan bahwa sejumlah pelaku usaha di NTB mengalami penurunan omset selama 6 bulan ini. Sehingga Iwapi Trade Fair ini dilaksanakan untuk dijadikan momen atas bangkitnya UKM wanita se-NTB.

“Kami di sini akan brainstorming, meningkatkan brand awareness dengan melakukan pameran dan tentunya tetap menjaga protokol kesehatan sesuai arahan dari Ketua Satgas Covid-19,” tambahnya.

Pada kesempatan itu juga, Ketua Umum DPD IWAPI Provinsi NTB Hj. Baiq Diyah Ratu Ganefi SH berharap dengan terlaksananya pameran produk UMKM ini bisa mendorong Pemerintah Provinsi untuk bisa mendukung event tahunan IWAPI tersebut di masa mendatang.

“Kami dari IWAPI ingin agar Pemerintah Provinsi bisa mendukung kegiatan ini. Karena kita lihat dari 71 tenan, masih banyak yang mau masuk. Tetapi kami memang tidak punya ruang lebih. Jadi kedepannya kami harapkan Pemerintah Provinsi NTB dapat membantu kami untuk pameran-pameran tiap tahunnya,” ujarnya.

Ia menambahkan pada peluncuran UMKM binaan IWAPI ini banyak dilakukan pelatihan digital marketing, sales marketing, dan lainnya. Pihaknya juga sudah bekerja sama dengan sejumlah organisasi dan instansi agar UMKM pada pasca pandemi tidak terpuruk.

Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi NTB Bidang UMKM, Koperasi dan Industri Kreatif Ir. Lalu Anas Amrullah menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada IWAPI. Dalam hal ini, ia melihat bahwa IWAPI tidak pernah berhenti untuk membantu majukan dunia usaha NTB, UMKM dan khususnya pelaku usaha wanita.

“Saya yakin para pelaku usaha NTB bisa cepat beradaptasi. Kuncinya satu, tetap menjalankan usaha dengan nurut dengan tatanan baru. Terima kasih kepada pihak IWAPI, Semoga ini bisa menjadi semangat baru untuk kita siap memamasuki tatanan baru dalam perekonomian kita,” tutur Anas.

Melalui sambutannya, Sekretaris Daerah sekaligus Kepala Pelaksanaan Harian Gugus Tugas Covid-19 Provinsi NTB, H. Lalu Gita Ariadi juga turut mengapresiasi komitmen para panitia penyelenggara IWAPI Trade Fair 2020 untuk melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dengan baik.

“Kalau kami di pemerintahan menyebutnya “Mari kita ber-NTB”. Apa itu ber-NTB? Yaitu Nurut Tatanan Baru. Bangkitkan ekonomi rakyat, nurut tatanan baru. Maka, hari ini membuktikan bahwa IWAPI sudah ber-NTB,” jelasnya.

Ia menilai kegiatan pameran yang dilakukan IWAPI saat ini selaras dengan beberapa program Pemerintah Provinsi yang ingin mengedepankan produk UMKM NTB. Oleh karena itu, ia berharap agar IWAPI selalu eksis dengan program-programnya tersebut sehingga bisa mengumpulkan UMKM di daerah NTB.

Berbagai rangkaian acara talkshow telah terlaksana dengan baik. Selanjutnya pada malam puncak acara, dimulai dengan fashion show busana dari QV Simplicity. Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran UMKM binaan IWAPI Provinsi NTB dan Fashion Show Ratu Emas Gallery.