Material Aspal Sirkuit MotoGP Mandalika Diimport Dari UK

Pembangunan sirkuit MotoGP. (Inside Lombok/MGPA)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pembangunan sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika terus dikebut siang dan malam. Secara keseluruhan, pembangunan arena MotoGP ditarget tuntas pada Juni 2021.

Selanjutnya, pada bulan Juli akan dilakukan uji coba sirkuit oleh pembalap untuk persiapan perhelatan MotoGP 2021 di akhir tahun.

Hal itu dikatakan Divisi Kontruksi PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Haris Joko Santoso, kepada Inside Lombok, Senin (30/11/2020) di Praya.

Diterangkan Haris, pembangunan sirkuit MotoGP saat ini sedang dalam tahap pengaspalan servis road sekitar 300 meter. Kemudian untuk pengaspalan lintasan akan dilakukan mulai Januari 2021.

“Pengaspalan service road sudah 300 meter. Akan dilanjutkan sampai selesai. Sedangkan pengaspalan untuk track tidak jeda sepanjang sepanjang 4,3 km”, katanya.

Dikatakan, semua bahan material aspal untuk lintasan sirkuit MotoGP saat ini sudah ada di lokasi. Material aspal tersebut diimport dari negara di Eropa.

“Import aspal dari UK. Sesuai dengan spesifikasinya khusus untuk sirkuit. Kalau harga tidak bisa saya sampaikan”, imbuhnya.

Pihaknya optimis pembangunan sirkuit MotoGP tuntas pada bulan Juni mendatang. Sehingga akhir tahun depan event balap dunia MotoGP bisa terlaksana di tanah air.

“Pengasapalan tidak lama. Kami optimis dengan kondisi saat ini”,ujarnya.

Sementara untuk persoalan lahan yang belum tuntas, baik itu lahan incalve maupun lahan yang diklaim oleh warga akan selesai seluruhnya pada pertengahan Desember. “Rencananya pekan depan kita akan land clearing tinggal dua titik”,kata Haris.