Sirkuit Mandalika Lulus Homologasi

277
Penampakan Sirkuit Internasional Mandalika setalah dilakukan pengecatan. (Inside Lombok/istimewa)
1 17
Penampakan Sirkuit Internasional Mandalika setalah dilakukan pengecatan. (Inside Lombok/dok)

Lombok Tengah (Inside Lombok) –

Pertamina Mandalika International Street Circuit dinyatakan lulus homologasi oleh Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM). Berdasarkan hasil inspeksi lapangan yang dilakukan FIM pada Kamis (18/11) lalu, sirkuit tersebut dinyatakan layak digunakan untuk penyelenggaraan ajang balap MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) 2021.

“Ini adalah kabar gembira bagi kita semua dan sebuah kebanggaan yang besar mengingat sirkuit ini adalah sirkuit yang baru. Kita telah membuktikan bahwa sirkuit ini layak dan memiliki kualitas yang memenuhi syarat untuk menggelar event balap motor internasional. Pembangunan sirkuit juga dilakukan dengan cepat yaitu memakan waktu hanya 14 bulan. Kami berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga kita dapat mencapai prestasi ini,” kata Direktur Utama MGPA Ricky Baheramsjah, Jumat (19/11/2021).

Dengan selesainya homologasi, memacu semangat dalam menggelar rangkaian balapan WSBK yang mulai berlangsung. Saat ini, seluruh peralatan siap dan lengkap, perangkat penyelenggara dan pendukung balapan juga sudah siap.

Sebagai informasi, mulai Jumat, 19 November berlangsung rangkaian balapan IATC dan WSBK. Adapun agenda balapan adalah, mulai 09.00 hingga 16.15 WITA, berupa 6 sesi free practice IATC dan WSBK, serta IATC race 1.

Pada Sabtu, 20 November terdapat 8 sesi, termasuk IATC race 2 dan 3, The Supersport World Championship (WorldSSP) race 1, WSBK free practice dan race 1 yang dimulai pukul 09.00 hingga 16.30 WITA. Sementara Minggu, 21 November yang akan berlangsung dari pukul 09.00 WITA hingga 16.15 WITA, terdiri dari 7 sesi termasuk IATC race 4, WSSP race 2, final race WSBK, serta Winners’ Awards Presentation. (irs)