Pemprov NTB Dukung Unram Produksi Vaksin Covid-19

Kepala Dinas Kesehatan NTB dr H Lalu Hamzi Fikri saat memberikan keterangan pada wartawan, Senin (28/6/2021). (Inside Lombok/Ade).

Mataram (Inside Lombok) – Di tengah meledaknya kasus penyebaran Covid-19 di berbagai daerah, Universitas Mataram tengah berencana untuk melakukan produksi vaksin Covid-19. Upaya ini dilakukan dalam rangka membantu pemerintah memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19 bagi masyarakat.

Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK Unram) dr Hamsu Kadrian mengatakan, pembuatan vaksin Covid-19 tersebut sudah dilakukan dalam beberapa bulan terakhir bekerja sama dengan Klinik Hepatika Mataram.

“Sebelumnya kita sudah membuat rapid antibody dan rapid antigen, dan untuk saat ini tim kami sedang bekerja untuk membuat vaksin,” katanya, Senin (28/6/2021).

Ia menjelaskan, untuk membuat vaksin Covid-19 yang kredibel melibatkan tenaga ahli yang cukup banyak serta waktu yang tidak sedikit. Dibutuhkan waktu sekitar satu atau dua tahun agar dapat menghasilkan vaksin tersebut.

“Untuk saat ini tahapannya masih dalam proses menumbuhkan antigen dari Covid-19 yang nantinya akan digunakan untuk melawan virus tersebut. Proses ini membutuhkan waktu sekitar tiga bulan kedepan untuk selanjutnya melalui proses pembuatan vaksin dan pengembangan lebih lanjut,” ujarnya.

Meski nama untuk vaksin tersebut masih belum ditentukan, namun ia optimis kualitas vaksin yang dihasilkan timnya tidak kalah baik dengan kualitas vaksin yang digunakan saat ini. Menurutnya sudah saatnya tenaga ahli dalam negeri melakukan inovasi pembuatan vaksin.

“Kita berusaha secepat mungkin karena kebutuhan masyarakat akan vaksin ini sangat tinggi terlebih jika kita melihat anggaran yang disediakan pemerintah untuk membeli vaksin dari luar negeri itu sekitar Rp 7 triliun. Oleh karena itu, mohon doanya agar ini semua dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Pemprov NTB) melalui Dinas Kesehatan Provinsi NTB mendukung penuh pembuatan vaksin Covid-19 yang saat ini tengah dilakukan FK Unram.

“Pada prinsipnya kami sangat mendukung penuh apa yang dilakukan oleh Universitas Mataram. Ini merupakan terobosan yang luar biasa dari Unram,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan NTB dr H Lalu Hamzi Fikri.

Ia berharap, dengan diproduksinya vaksin Covid-19 dari Unram tersebut kedepannya akan dapat mempermudah dalam memenuhi kebutuhan vaksin di daerah.