Satgas Covid-19 Lotim Tunggu Arahan Pusat untuk Vaksinasi Lansia

Lombok Timur (Inside Lombok) – Kementerian Kesehatan melalui Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit telah mengeluarkan surat edaran vaksinasi Covid-19 pada lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan ibu menyusui. Untuk itu, Satgas Covid-19 Lotim masih menunggu petunjuk teknis dari pusat.

Kepala Dinas Kesehatan Lotim, H Fathurrahman mengatakan, pihaknya saat ini tengah menunggu petunjuk teknis lebih lanjut dari Satgas Covid-19 pusat, terkait dengan tata cara pemberian vaksin pada klasifikasi lansia, ibu menyusui, penyintas Covid-19, dan komorbid atau penyakit penyerta.

“Kami saat ini sedang menunggu arahan lebih lanjut dari pusat maupun provinsi,” ujarnya kepada Inside Lombok melalui sambungan telepon, Senin (15/02/2021).

Dikatakan Fathurrahman, semua klasifikasi tersebut akan mendapatkan vaksinasi. Kendati demikian, pihaknya akan tetap melaksanakan skrining terlebih dahulu sebelum dilaksanakannya vaksinasi pada klasifikasi yang sebelumnya dilarang untuk dilaksanakan.

“Nanti kita akan lakukan pendataan kepada para penerima vaksin tersebut,” ucapnya.

Sementara itu, dalam surat edaran yang dikeluarkan Kemenkes melalu Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit menjelaskan semua prosedur pelaksanaan vaksinasi terhadap para lansia, komorbid, ibu menyusui, dan sasaran yang tertunda pelaksanaan vaksinasinya.