Vaksinasi Dosis Pertama di Atas 70 Persen, Lotim Mulai Fokus Kejar Dosis Dua

Kadikes Lotim, H Pathurrahman saat ditemui awak media, Senin (08/11/2021). (Inside Lombok/dok)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Setelah mencapai target vaksinasi 70 persen untuk mendorong herd immunity, kini Lombok Timur (Lotim) mulai fokus mengejar target vaksinasi dosis kedua yang masih rendah capaiannya.

Kepala Dikes Lotim, H Pathurrahman mengatakan saat ini capaian vaksinasi dosis satu di Lotim sudah lebih dari 70 persen dari jumlah penduduk. Akan tetapi, capaian vaksinasi dosis dua dikatakan masih rendah yakni sebanyak 22.52 persen atau sekitar 214.542 orang.

“Karena itu minggu depan kita mulai fokus lakukan vaksinasi dosis kedua,” kata Pathurrahman saat ditemui awak media, Kamis (11/11).

Kendati demikian, Pemda Lotim tak serta merta melakukan vaksinasi dosis kedua. Mengingat vaksinasi dosis pertama dan kedua harus mempunyai jeda. Nantinya akan dilihat terlebih dahulu apakah jadwal vaksinasi dosis dua bagi masing-masing warga sudah bisa atau tidak.

“Kita harus lihat jadwal vaksinasinya. Apakah sudah bisa dilakukan vaksin kedua atau belum,” ucapnya.

Meskipun mengejar target vaksinasi dosis kedua, namin Pemkab Lotim juga tak akan melupakan pelaksanaan vaksinasi dosis kedua dan lansia. Mengingat masih terdapat 25 persen lebih masyarakat yang belum divaksin.

“Dosis pertama tetap kita lakukan, namun dosis kedua juga tetap kita kejar. Itu kita lakukan agar selisih kedua dosis tersebut tidak terlalu jauh,” pungkasnya. (den)