30.5 C
Mataram
Senin, 22 April 2024
BerandaLombok BaratPenanaman Pohon di Lobar Harus Dipastikan hingga Tumbuh dan Subur

Penanaman Pohon di Lobar Harus Dipastikan hingga Tumbuh dan Subur

Lombok Barat (Inside Lombok) – Pemda Lombok Barat (Lobar) melakukan penanaman tiga ribu pohon di Desa Mareje Timur, Kecamatan Lembar sebagai rangkaian menyambut HUT ke-65 kabupaten tersebut. Pohon yang ditanam diharapkan mendukung pelestarian lingkungan, sehingga perlu dipastikan agar pohon yang ditanam dapat tumbuh dan subur.

Rencananya ribuan bibit pohon dengan beragam jenis itu akan dibagikan untuk ditanam di setiap dusun yang sudah ditentukan. Sekda Lobar, H. Ilham mengatakan bahwa saat ini hampir seluruh negara di dunia mengalami perubahan iklim yang luar biasa dampaknya terhadap kehidupan.

“Dari sekian banyak masalah yang dihadapi oleh bangsa-bangsa dunia sekarang ini adalah yang paling dikhawatirkan dan berbahaya terjadinya perubahan iklim,” ungkapnya.

Tak bisa dipungkiri, kata dia, perubahan iklim di Lobar pun kini sudah mulai dirasakan, terlebih sering kali terjadi cuaca ekstrem akhir-akhir ini yang tak jarang menimbulkan bencana, seperti banjir, longsor, hingga puting beliung yang kerap menyambangi sebagian wilayah Lobar.

- Advertisement -

“Untuk mencegah perubahan iklim ini satu-satunya dengan cara menanam pohon. Karena pohon memiliki berbagai macam manfaat, diantaranya dapat menyejukkan di musim panas, membersihkan udara, bisa meningkatkan fungsi kognitif dan terakhir membantu mencegah banjir dan longsor,” terang Ilham.

Sementara itu, Kepala DLH Lobar, Hermansyah menyebut bahwa aksi menanam pohon yang dirangkai dalam rangka HUT ke-65 Lobar ini diharapkan dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Terutama untuk kehidupan yang akan datang. Karena kata dia, apa yang ditanam hari ini, nantinya akan bisa dinikmati oleh para generasi penerus.

“Salah satu yang dilakukan oleh dinas lingkungan Hidup Lombok Barat dengan melaksanakan kegiatan penanaman pohon di berbagai tempat dan salah satunya dilaunching di Wisata Telaga Pandan Wangi Desa Mareje Timur ini. Dengan membagikan 3 ribu pohon yang terdiri dari pohon durian yang kemudian akan memberikan beberapa bibit pohon ke setiap desa-desa yang telah ditentukan,” tandas Hermansyah. (yud)

- Advertisement -

Berita Populer