27.5 C
Mataram
Selasa, 27 Februari 2024
BerandaLombok TengahAntisipasi Kerusakan, Empat Bendungan di Loteng Dievaluasi

Antisipasi Kerusakan, Empat Bendungan di Loteng Dievaluasi

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi dan Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara (BWS NT) I melakukan pembahasan terhadap empat bendungan yang ada di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng). Kepala BPBD Loteng, Ridwan Ma’aruf menjelaskan pihaknya melakukan pembahasan Rencana Tindak Lanjut Darurat (RTD) jika terdapat bendungan yang rusak.

“Tindak lanjut darurat itu dibahas seperti apa akan dilakukan perbaikannya oleh konsultan publik,” katanya Rabu (6/12). Dikatakan, empat bendungan tersebut yakni Bendungan yang ada di Desa Jelantik, Bendungan Batutulis, Bendungan Montong Dao dan Bendungan Pejanggik. “Rapat itu dilakukan dalam rangka antisipasi jika terjadi kerusakan bendungan,” jelasnya.

Sementara itu, Konsultan publik yang akan didatangkan itu nantinya untuk mendapatkan masukan dan pandangan terkait dengan seperti apa pembahasan selanjutnya.

Untuk potensi kerusakan bendungan seperti struktur bangunan yang tinggi dan sudah tua. Sedangkan rata-rata ketinggian bendungan berskala besar yakni 15 meter, kerenya itu memungkinkan adanya potensi kerusakan. “Karena itu, kita melakukan antisipasi jika terjadi hal tersebut,” tutupnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer