28.5 C
Mataram
Senin, 24 Juni 2024
BerandaLombok TimurBurung Merpati Gunakan Pakaian Adat Jadi Maskot Pilbup Lotim

Burung Merpati Gunakan Pakaian Adat Jadi Maskot Pilbup Lotim

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pelaksanaan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Lombok Timur akan dilaksanakan serentak dengan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) NTB 2024 atau Pemilihan Gubernur (Pilgub). Untuk itu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) telah merilis maskot Pilbup 2024 tersebut.

Seperti halnya pada setiap momen Pemilu, KPU selalu mengeluarkan maskot sebagai bentuk simbol pesan-pesan untuk pelaksanaan Pemilu. Begitu juga dengan Pilbup pada tahun 2024, di mana maskot yang dipilih yakni Si Patuh.

Si Patuh itu sendiri dilambangkan dengan burung Merpati yang menggunakan pakaian adat khas Sasak dengan membawa paku dan kertas sebagai simbol pesan Pemilu yang dingin disampaikannya.

Ketua KPUD Lombok Timur, Ada Suci Makbullah menjelaskan bahwa burung Merpati dipilih sebagai maskot pada Pilbup 2024 dikarenakan burung tersebut sangat ikonik dengan lambang kesetiaan dan perdamaian.

- Advertisement -

“Merpati itu simbol perdamaian, jadi kita berharap agar Pilkada 2024 ini dapat berjalan damai, aman, dan lancar. Tentunya dengan dukungan semua pihak,” katanya, Senin (27/05/2024).

Meski sama-sama mengangkat ikon burung endemik sebagai maskot dengan Pemilu 2024. Namun yang menarik dari maskot Pilkada 2024 Lombok Timur yakni burung Merpati yang menggunakan pakaian khas Sasak secara lengkap, mulai dari sapuk atau pengikat kepala, sarung batik Sasak, keris, selendang, dan angka 27 pada dada sebelah kiri yang merupakan tanggal pemungutan suara pada 27 November 2024.

Pilkada 2024 diharapkan dapat berjalan dengan aman dan lancar di setiap prosesnya, baik itu pra pencalonan dan pasca dilakukannya pemilihan umum oleh masyarakat. Sehingga nantinya Pilkada dapat berjalan dengan nyaman serta mempunyai pemimpin yang dipilih dengan suara terbanyak untuk memimpin Lombok Timur 5 tahun ke depan. (den)

- Advertisement -

Berita Populer