25.5 C
Mataram
Jumat, 1 Maret 2024
BerandaLombok TimurHadapi Kekeringan, Warga Selatan Lotim Butuh Program Berkelanjutan untuk Air Bersih

Hadapi Kekeringan, Warga Selatan Lotim Butuh Program Berkelanjutan untuk Air Bersih

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pemerintah Provinsi NTB melaksanakan kegiatan Jumpai Masyarakat Selesaikan Persoalan Masyarakat (Jumat Salam) di Lombok Timur (Lotim). Di mana kegiatan tersebut diawali dengan pendistribusian air bersih ke Desa Sekaroh.

Penyaluran air bersih dihajatkan untuk meringankan beban masyarakat yang saat ini diterpa krisis air bersih di musim kemarau saat ini. Namun jika hanya sekedar pendistribusian, Pemda Lombok Timur hampir setiap hari melakukannya untuk meringankan beban masyarakat.

Tak hanya itu, Pemprov NTB juga bekerjasama dengan Bulog untuk melaksanakan pasar beras murah untuk menstabilkan harga pasar. Padahal program seperti itu sudah lama berjalan di Lombok Timur untuk menekan harga beras.

Pj Gubernur NTB, Lalu Gita Ariadi mengatakan bahwa kegiatan Jumat Salam sebagai momentum untuk melihat kondisi masyarakat yang ada di lapangan. Tentunya harus seimbang antara kerja di balik meja dan melihat persoalan yang dihadapi masyarakat Lombok Timur saat ini seperti kebutuhan air bersih dan harga beras.

- Advertisement -

“Kita berharap Jumat Salam pada putaran ketiga ini dapat memberikan hal yang positif dan bagi masyarakat dan daerah,” ucapnya, Jumat (10/11/2023).

Masyarakat khususnya yang ada di bagian selatan tak hanya melulu mendapatkan pendistribusian setiap tahunnya di musim kemarau, namun mereka mengharapkan adanya ke bantuan yang dapat membuat air bisa masuk langsung ke rumah-rumah.

Sementara Pj Bupati Lombok Timur, M. Juaini Taofik mengatakan bahwa program serupa akan terus dikembangkan di Lombok Timur sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan daerah dalam menangani persoalan masyarakat. “Di samping itu juga, kita masih berfokus pada penanganan stunting,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer