26.5 C
Mataram
Senin, 15 Juli 2024
BerandaLombok TimurHari Terakhir Pendaftaran Pantarlih, Pendaftar Padati Sekretariat PPS

Hari Terakhir Pendaftaran Pantarlih, Pendaftar Padati Sekretariat PPS

Lombok Timur (Inside Lombok) – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 sudah memasuki tahapan perekrutan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih). Perekrutannya sendiri saat ini sudah memasuki pelaksanaan hari terakhir.

Terlihat di beberapa Sekretariat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di Kabupaten Lombok Timur dipadati oleh para pendaftar Pantarlih pada hari terakhir ini, di mana nantinya pendaftaran akan ditutup pada pukul 23.59 Wita. Pendaftaran Pantarlih sendiri sudah mulai dilaksanakan sejak tanggal 13 sampai 19 Juni 2024.

Seperti yang terlihat di Sekretariat PPS Desa Aikdewa, di mana pelamar Pantarlih sudah memadati areal PPS sejak pagi tadi. Bahkan sebelumnya para pelamar terlihat memadati puskesmas untuk membuat surat keterangan sehat sebagai salah satu persyaratan dokumennya.

Salah seorang pelamar Pantarlih, Evy mengaku bahwa dirinya sejak pagi telah menyiapkan seluruh dokumen pelengkap sebagai syarat pendaftaran sebagai Pantarlih, bahkan rela mengantri panjang di puskesmas agar bisa melakukan pendaftaran di hari terakhir ini.

- Advertisement -

“Sudah beberapa hari lalu menyiapkan berkas lainnya, tapi tadi yang kurang hanya surat keterangan sehat (SKS),” terangnya, Rabu (19/06/2024).

Pelamar lainnya, Lisa juga mengaku bahwa sudah beberapa hari lalu ia menyiapkan berkas untuk melamar sebagai Pantarlih, hanya saja ia terkendala dengan namanya yang dicatut oleh partai politik sehingga harus terlebih dahulu mengeluarkan namanya yang terdaftar tersebut.

“Sudah beberapa hari kita urus, tapi kan kemarin libur Iduladha juga, maka hari ini bisa kita proses dan bertepatan juga dengan hari terakhirnya. Makanya sekarang pelamar juga membludak hari ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua PPS Desa Aikdewa, Ma’ruf Isnain mengatakan bahwa hari terakhir ramai oleh para pelamar sebab beberapa hari lalu terkendala dengan libur Iduladha, sehingga pada hari terakhir ini pihaknya membuka pendaftaran sampai pukul 23.59 Wita. “Kita standby di sekretariat untuk menunggu pelamar sampai pukul 12 malam nanti,” jelasnya.

Diterangkannya, jumlah pelamar yang sudah mendaftar sampai dengan hari terakhir sebanyak 25 orang dengan jumlah yang dibutuhkan sebagai Pantarlih di Desa Aikdewa yakni sebanyak 16 orang. “Yang kita butuhkan sebagai Pantarlih pada Pilkada 2024 ini yakni 16 orang, di mana satu TPS berisikan 2 orang Pantarlib karena jumlah pemilihnya melebihi 400 orang,” jelasnya.

Ma’ruf membeberkan bahwa beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh pelamar untuk lolos dalam seleksi administrasinya yakni tidak terdaftar dalam partai politik, kelengkapan berkas administrasi, apakah pernah menjadi pantarlih atau tidak, penguasaan wilayah, dan penguasaan ilmu teknologi yang nantinya akan digunakan dalam proses pencocokan dan penelitian (coklit).

“Dalam perekrutan Pantarlih kami akan selalu meniti pada hal regenerasi dan keadilan seperti katanya Kadiv SDM KPU Lotim,” ungkapnya. Adapun pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada tanggal 21-23, kemungkinan penetapan akan dilakukan pada tanggal 23 Juni 2024. Kemudian selanjutnya akan dilakukan pelatikan pada pada 24 Juni 2024.

“Masa kerja Pantarlih ini sendiri selama 1 bulan dari tanggal 24 Juni – 25 Juli.
Tugasnya untuk melakukan coklit yang akan menjadi data base untuk sinkronisasi data Kemendagri dan DPT pemilu terakhir,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer