27.5 C
Mataram
Senin, 24 Juni 2024
BerandaLombok TimurKemenag Lotim Pastikan Jemaah Haji Dalam Kondisi Sehat Setiba di Makkah

Kemenag Lotim Pastikan Jemaah Haji Dalam Kondisi Sehat Setiba di Makkah

Lombok Timur (Inside Lombok) – Beberapa kloter jemaah haji asal NTB khususnya Lombok Timur sudah tiba di Makkah, Arab Saudi dan siap menjalankan setiap rangkaian ibadah haji. Kementerian Agama (Kemenag) Lombok Timur (Lotim) pun memastikan para jemaah yang telah tiba rata-rata dalam kondisi sehat.

Kepala Seksi Haji dan Umrah Kemenag Lotim, Makkinuddin mengatakan beberapa kloter sudah tiba di Arab Saudi untuk menjalankan ibadah haji, di mana kondisinya sampai saat ini dalam kondisi sehat serta memanfaatkan waktu sejenak untuk beristirahat yang cukup, sebelum menjalani setiap proses ibadah. “Untuk saat ini secara umum jemaah haji kita masih dalam keadaan sehat walafiat,” ujarnya, Selasa (28/05/2024).

Kondisi para jemaah haji dipastikan dalam kondisi sehat, termasuk yang lanjut usia (lansia) dan sudah siap untuk menjalani setiap rangkain ibadah. Sementara untuk jemaah yang disabilitas nantinya akan disiapkan relawan oleh para pendamping agar bisa menjalani setiap rangkaiannya. “Untuk yang disabilitas nanti petugas yang akan mencarikan tukang dorongnya,” katanya.

Dalam memastikan setiap kondisi kesehatan para jemaah haji, Kemenag juga telah menyiapkan fasilitas kesehatan agar nantinya jemaah dapat melakukan konsultasi dan kontrol kesehatan. Bahkan petugas juga diberikan penyuluhan mengenai bagaimana menjaga kesehatannya di Tanah Suci Makkah yang memiliki iklim yang berbeda dengan di Indonesia. “Kita tetap melakukan kontrol dan penyuluhan kesehatan kepada jemaah,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer