27.5 C
Mataram
Senin, 24 Juni 2024
BerandaLombok TimurPerekrutan Pantarlih Segera Dilakukan, KPUD Lotim Minta Rekrut SDM Berkualitas

Perekrutan Pantarlih Segera Dilakukan, KPUD Lotim Minta Rekrut SDM Berkualitas

Lombok Timur (Inside Lombok) – Perekrutan Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Lombok Timur (Lotim) segera dilakukan. Untuk itu Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lombok Timur meminta pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk mencari SDM yang berkualitas dan memiliki etos kerja.

Ketua KPUD Lombok Timur, Ada Suci Makbullah menegaskan bahwa agar para Panitia Pemungutan Suara (PPS) dapat merekrut Pantarlih yang kompeten dan memiliki etos kerja yang baik agar pemutakhiran berjalan dengan lancar serta rampung sesuai waktu yang ditentukan.

“Rekrut SDM yang memiliki etos kerja, jangan merekrut orang yang bisanya hanya meremehkan pekerjaan. Terlebih lagi melakukan coklit dari rumahnya tanpa turun ke pemilih,” tegasnya, Senin (10/06/2024).

Dalam pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, menurutnya harus dilakukan secara faktual dengan dengan terjun langsung ke lapangan. Sehingga tidak hanya mengandalkan data yang didapatkannya dari desa/ kelurahan saja.

- Advertisement -

Perekrutan petugas Pantarlih sendiri akan dimulai pada 13-19 Juni 2024 ini. Di mana nanti jumlah Pantarlih yang diterima disesuaikan dengan jumlah TPS di masing-masing desa/kelurahan oleh PPS. Nantinya para petugas Pantarlih akan ditempatkan di masing-masing TPS yang ada dengan berisikan satu orang per TPS.

“Satu orang petugas Pantarlih akan ditugaskan di satu TPS yang berisikan 400 DPT. Sementara untuk satu TPS dengan DPT sebanyak 401-600 akan ditugaskan 2 orang Pantarlih,” katanya.

Suci meminta kepada pelatih teknis nantinya untuk melatih petugas Pantarlih hal-hal dasar juga seperti berinteraksi dengan warga, adab dan sopan santun, serta bagaimana salam pembuka yang baik sebagai bentuk cerminan akhlak yang baik. (den)

- Advertisement -

Berita Populer