29.5 C
Mataram
Kamis, 20 Juni 2024
BerandaLombok TimurTanggap Darurat Kekeringan di Lotim Berakhir di November Ini

Tanggap Darurat Kekeringan di Lotim Berakhir di November Ini

Lombok Timur (Inside Lombok) – Tanggap darurat bencana kekeringan di Lombok Timur (Lotim) direncanakan berakhir November 2023 ini. Kendati, dampak kemarau justru masih dirasakan masyarakat meski musim penghujan sudah dimulai.

Kepala Pelaksana BPBD Lotim, Lalu Muliyadi mengatakan meski sebagian besar wilayah Lotim sudah memasuki musim penghujan, dampak kekeringan belum usai. Diakui masih adanya wilayah yang masih kesulitan mendapat air bersih dan belum terdampak hujan.

“Masih ada beberapa kecamatan yang belum keluar dari bencana kekeringan, soalnya sampai saat ini khususnya di Jerowaru dan Keruak belum turun hujan,” katanya, Rabu (15/11/2023).

Sebelumnya, status tanggap darurat kekeringan di Lotim sendiri ditargetkan sampai Oktober 2023 lalu. Namun diperpanjang hingga November ini karena melihat kondisi cuaca. “Untuk masa tanggap darurat bencana kekeringan berakhir pada 30 November 2023,” terangnya.

- Advertisement -

Pendistribusian air bersih sendiri masih tetap dilaksanakan di awal musim penghujan saat ini, sebab hujan yang berlangsung sejak beberapa hari lalu belum dapat mengisi sumur-sumur warga yang terdampak akibat kekeringan kemarin. “Sumur-sumur warga belum terisi semuanya akibat dampak kekeringan, sehingga kita masih distribusikan air bersih sesuai dengan permintaan,” pungkasnya. (den)

- Advertisement -

Berita Populer