26.5 C
Mataram
Minggu, 26 Mei 2024
BerandaMataramAmankan Mudik Lebaran, RSUD Kota Mataram Siagakan Petugas PSC

Amankan Mudik Lebaran, RSUD Kota Mataram Siagakan Petugas PSC

Mataram (Inside Lombok) – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram ikut terlibat aktif di posko mudik lebaran Idulfitri 1445 Hijriah. Di mana rumah sakit plat merah itu menyiagakan petugas dari PSC (public safety center) 119 MEMS (Mataram emergency medical service) di sejumlah posko mudik Lebaran.

Direktur Utama (RSUD Kota Mataram, Eka Nurhayati mengatakan keterlibatan tim PSC dan jadwal jaga ini di bawah koordinator Dinas Kesehatan (Dikes) Provinsi NTB. “Petugas kita di RSUD ini sesuai dengan jadwal dan lokasi posko mudik Lebaran yang ditetapkan Dinkes NTB,” katanya.

Posko mudik lebaran tahun ini yaitu di terminal, pelabuhan, dan sejumlah titik strategis lainnya yang ada di daerah ini yang menjadi jalur mudik lebaran. Ia menyebutkan, jumlah petugas yang masing-masing posko mudik lebaran yaitu satu tim yang terdiri dari satu orang dokter, dua perawat dan sopir.

Penyiapan tenaga medis di masing-masing posko ini untuk bisa optimal memberikan pelayanan kepada para pemudik. “Dokter spesialis juga kita siapkan, tapi dia tidak siaga di lokasi melainkan ‘on call’,” katanya.

- Advertisement -

Selain tim medis, RSUD Kota Mataram juga menyiapkan obat-obatan yang diperlukan oleh pemudik. Selain itu, dalam satu tim PSC menggunakan satu mobil ambulans yang sudah dilengkapi dengan berbagai peralatan medis.

Namun jika terjadi kondisi yang gawat darurat, maka tim PSC akan melayani untuk rujukan ke rumah sakit terdekat. “Jadi tim PSC kami itu siap siaga. Kalau ada yang membutuhkan rujukan kami akan langsung layani,” tutupnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer