31.5 C
Mataram
Jumat, 1 Maret 2024
BerandaMataramLapak Pasar Rembiga Mulai Dimanfaatkan Pedagang

Lapak Pasar Rembiga Mulai Dimanfaatkan Pedagang

Mataram (Inside Lombok) – Lapak yang disiapkan di Pasar Rembiga mulai dimanfaatkan para pedagang. Para pedagang bisa memanfaatkan lapak tersebut hingga malam hari.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Mataram, Uun Pujianto mengatakan saat ini pedagang yang banyak memanfaatkan lapak tersebut yaitu para pedagang sayur, ikan dan hasil komoditas pertanian dan kelautan lainnya. “Sayur-sayuran, sembako lengkap di sana. Ikan segar juga dijual. Ada buah juga,” katanya, Jumat (19/5) pagi.

Para pedagang disebut Uun masih bebas menggunakan lapak yang ada hingga jam berapa saja, tergantung kemampuannya. Namun diharapkan ke depan, lapak yang disiapkan bisa digunakan oleh para pedagang hingga malam hari. “Kita mulai memperkenalkan keberadaan pasar ini. Rencana kita sampai malam,” katanya.

Selain itu, lapak yang ada juga bisa dimanfaatkan oleh para pedagang kuliner. Karena saat ini baru sekitar lima pedagang yang memanfaatkan lapak tersebut. Sementara jumlah lapak yang disiapkan Dinas Perdagangan Kota Mataram sebanyak 20 unit.

- Advertisement -

“Kuliner juga di sana. Jadi kita pakai dua tempat kulinernya, sebelah selatan dan utara,” kata Uun. Masih adanya lapak yang kosong tersebut beberapa bagian harus diperbaiki. Salah satunya bagian yang mudah terkena air hujan.

Selain itu, Dinas Perdagangan Kota Mataram juga akan membuat mural agar kelihatan lebih indah. “Sudah saya koordinasi dengan Dinas Pariwisata untuk buat mural. Percantik di sana pelan-pelan kita perbaiki,” katanya.

Ia mengatakan, lapak-lapak tersebut sudah dibagi kepada para pedagang untuk ditempati. Hanya saja karena masih sepi pembeli, sehingga banyak pedagang yang tidak memanfaatkan kembali.

Karena banyak lapak yang sepi, Dinas Perdagangan Kota Mataram meminta Dinas Pertanian untuk dimanfaatkan oleh para pedagang sayuran untuk bisa memanfaatkannya. “Bisa untuk kuliner bisa, sembako bisa,” katanya.

Jika ke depan mulai ramai, Pemkot Mataram akan membuatkan yang lebih rapi berbentuk boks sehingga bisa menyimpan barang dagangannya. Lapak yang disiapkan agar Pasar Rembiga yang menjadi salah satu pusat ekonomi masyarakat tersebut bisa hidup kembali. “Kemarin banyak yang daftar, tapi tidak disaring. Jadi dipakai sebentar dan karena sepi jari tutup,” ungkapnya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer