28.5 C
Mataram
Selasa, 27 Februari 2024
BerandaMataramPemkot Mataram Siapkan Fasilitas Umum hingga Masjid untuk Suarakan Imbauan Waspada Musim...

Pemkot Mataram Siapkan Fasilitas Umum hingga Masjid untuk Suarakan Imbauan Waspada Musim Hujan

Mataram (Inside Lombok) – Guna meningkatkan kewaspadaan dini masyarakat pada musim hujan ini, Pemkot Mataram memanfaatkan fasilitas umum untuk memberikan imbauan. Tidak saja menggunakan secara mobile atau keliling, tetapi imbauan akan disampaikan melalui toa-toa atau pengeras suara yang ada di masjid.

Asisten I setda Kota Mataram, Lalu Martawang mengatakan imbauan nantinya akan disampaikan Walikota Mataram, Mohan Roliskana. Imbauan tersebut akan dipasang di fasilitas umum agar bisa tersebar lebih luas.

“Kita akan buat imbauan Pak Walikota Mataram. Itu akan kita stel (pasang/putar) di fasilitas publik dan mobiling dari perangkat yang dimiliki oleh pemerintah kota. Di masjid-masjid juga nanti imbauan akan disampaikan kepada masyarakat,” katanya, Rabu (6/12) pagi.

Selain imbauan dari pemerintah daerah, hal yang sama juga diharapkan bisa dilakukan oleh aparat di tingkat yang paling bawah dekat dengan masyarakat yaitu lingkungan. Masyarakat bisa lebih waspada apalagi yang tinggal di pinggir sungai. “Kami berharap ada inisiatif di level kita yang terdepan. Lingkungan, RT karena sudah menjadi hal yang harus mendapat perhatian kita,” katanya.

- Advertisement -

Salah satu langkah untuk mencegah terjadinya bencana terutama banjir yaitu saluran yang ada dibersihkan. Masyarakat diminta untuk gotong royong membersihkan saluran dan selokan. Sehingga tumpukan sampah atau sendimen yang sudah terlalu tinggi tidak menghambat saluran air.

“Kita himbau untuk gotong royong di lingkungan masing-masing. Diangkat sampah-sampah yang ada. Dinas LH, PUPR siap untuk mengangkatnya nanti. Ini untuk meminimalkan potensi bencana yang bisa saja muncul,” tegasnya.

Tidak itu saja, imbauan antisipasi bencana pada musim hujan ini juga akan disampaikan pada saat khutbah Jum’at. “Ya. Nanti kita akan padukan. Karena prinsipnya niatnya di jalan kebaikan,” katanya.

Untuk posko kesiapsiagaan nantinya akan dipusatkan di Pemkot Mataram. Tidak saja SDM, Pemkot Mataram juga siapkan fasilitas yang dibutuhkan tim saat melakukan penanganan. “Posko siap siaga skala kota juga menjadi siap. Piketnya kita pastikan dan perlengkapan dan akan dilakukan pengecekan secara komprehensif,” katanya. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer