24.5 C
Mataram
Rabu, 17 Juli 2024
BerandaMataramSiapkan SDM Pekerja Migran, Disnaker Kota Mataram akan Buka Pelatihan Bahasa Asing

Siapkan SDM Pekerja Migran, Disnaker Kota Mataram akan Buka Pelatihan Bahasa Asing

Mataram (Inside Lombok) – Selama ini peluang kerja ke luar negeri di sektor formal sangat besar. Untuk mempersiapkan SDM, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Mataram, akan membuka program kursus bahasa asing.

Kepala Disnaker Kota Mataram, Rudi Suryawan mengatakan pihaknya akan menyiapkan program pelatihan bahasa asing untuk masyarakat. Pelatihan ini akan diperuntukkan terutama calon pekerja migran Indonesia (PMI). “Pelatihan bahasanya nanti itu bahasa Jerman, Jepang dan Korea,” katanya, Kamis (22/2) siang.

Rencana pembukaan program pelatihan bahasa asing karena salah satu syarat bekerja ke luar negeri adalah menguasai bahasa negara tujuan. “Seperti program rekrutmen calon PMI ke Jepang, dan Jerman yang baru dibuka dan menetapkan syarat utama bagi warga yang berminat harus menguasai bahasa Jepang dan Jerman,” katanya.

Disnaker Kota Mataram akan mengusulkan untuk menggunakan dana bagi hasil cukai tembakau (DBHCT) 2024 untuk pelaksanaan pelatihan itu. Karena DBHCT yang pada tahun-tahun sebelumnya digunakan untuk program pelatihan keterampilan hingga bantuan alat-alat kerja. “Nanti kita usulkan menggunakan DBHCHT untuk pelatihan bahasa ini,” katanya.

- Advertisement -

Selain itu, Disnaker Kota Mataram akan bekerja sama dengan lembaga pelatihan dan pendidikan bahasa yang ada. Kerja sama ini nantinya untuk mendukung program pelatihan yang akan direalisasikan. “Kita ada kerjasama nanti dengan lembaga pelatihan bahasa jika program ini sudah disetujui,” tegasnya.

Untuk diketahui, di 2024 ini beberapa negara sudah membuka rekrutmen. Misalnya rekrutmen calon PMI ke Jepang dan pendaftaran dibuka pada tanggal 9-16 Juni. Selain itu, tahun ini juga sudah ada peluang PMI ke Jerman khusus untuk tenaga kesehatan. Pendaftaran sudah dibuka 7 Februari sampai 30 April, dengan kuota sebanyak 600 orang se-Indonesia. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer