AirAsia Luncurkan Unlimited Pass, Rp1,5 Juta Terbang Selama Enam Bulan

Ilustrasi (istimewa)

Mataram (Inside Lombok) – PT Indonesia AirAsia meluncurkan unlimited pass yang dapatĀ  digunakan oleh pelanggan AirAsia untuk dapat terbang ke seluruh rute domestik yang dilayani oleh maskapai tersebut. Cukup dengan membayar Rp 1,5 juta untuk pemesanan unlimited pass tersebut. Pelanggan AirAsia dapat menggunakannya selama 6 bulan.

Dikutip dari laman airasia.com, pembelian unlimited pass tersebut dimulai sejak 9 November hingga 15 November mendatang. Setelah itu, pelanggan akan mendapatkan kode promo yang bisa ditukarkan. Dengan estimasi waktu pemesanan setidaknya harus 14 hari sebelum tanggal keberangkatan. Dengan periode perjalanan mulai dari 23 November hingga 31 Mei 2021 mendatang. Yang berarti tanggal terakhir pemesanan penerbangan pada 16 Mei 2021 nanti.

Dalam penggunaannya berlaku periode embargo, yang memungkinkan unlimited pass tersebut tidak dapat digunakan karena tidak tersedianya penerbangan pada 5 periode liburan. Mengutip dari laman mcnnindonesiacom, bahwa periode liburan tersebut di antaranya :

Pertama, Libur sekolah/Natal/tahun baru, yang mulai dari tanggal 23 Desember hingga 4 Januari 2021.

Kedua, Libur tahun baru Imlek, pada 11 Februari hingga 15 Februari 2021.

Ketiga, Libur Isra’ Mi’raj dan Nyepi, pada 11 Maret sampai 15 Maret 2021 nanti.

Keempat, Libur wafat Isa al Masih, pada 1 April hingga 4 April 2021.

Kelima, Libur Hari Raya Idul Fitri, pada 6 Mei hingga 24 Mei 2021 mendatang.

Disebutkan oleh Senior Marketing Manager Air Asia Indonesia, Priska Lampangateia, bahwa program unlimited pass yang diluncurkan perusahaannya tersebut sebagai upaya untuk membantu pemerintah dalam memggenjot minat berwisata wisatawan lokal.

“Ini sebagai upaya untuk meningkatkan animo masyarakat untuk kembali terbang meski ditengah pandemi covid-19 ini” kata Priska Lampangateia, dalam m.cnnindonesia.com, Senin (09/11/2020).

Namun, lanjutnya, apabila terdapat calon penumpang yang tidak hadir dalam 2 kali penukaran unlimited pass yang telah terkonfirmasi, maka unlimited pass nya akan ditarik oleh pihak Air Asia (hangus, read).

“Ini supaya para calon penumpang dapat memanfaatkan fasilitas ini secara maksimal dan jangan sampai disalahgunakan” tegasnya.

Dari laman m.airasia.com, dipaparkan daerah yang menjadi rute berlakunya untuk program unlimited pass tersebut, diantaranya : Lombok, Bali, Surabaya, Yogyakarta, Medan, Jakarta, serta rute domestik lainnya.

Masih dari laman yang sama, disebutkan bahwa yang perlu menjadi catatan adalah, penukaran unlimited pass tersebut hanya berlaku untuk tarif dasar biaya penerbangan yang belum termasuk biaya pajak bandara, iuran wajib jasa rajahra (IWJR), produk tambahan lainnya dari penumpang, seperti tambahan bagasi, makanan, dan yang lainnya.

Para calon peumpang yang telah memiliki unlimited pass tersebut hanya dapat menukarkan unlimited passnya dengan memilih rute domestik yang memiliki tanda ‘diskon 100%’. Apabila memilih penerbangan diluar itu, maka ulimited passnya tidak dapat digunakan untuk menukar penerbangan tersebut.

Pada laman Kompas.com disebutkan, bahwa dalam pembelian tiket menggunakan promo ulimited pass tersebut, AirAsia menggratiskan biaya jatah bagasi sebesar 15 kg, per penumpang untuk rute domestik.