Bocoran Pertanyaan Debat Capres 2019, Masyarakat Kurang Antusias

Ilustrasi (sumber foto: tribunnews.com)

Mataram (Inside Lombok) – Menjelang Debat Pilpres 2019 KPU akan memberikan kisi-kisi atau bocoran pertanyaan debat Pilpres 2019. KPU menyebut bahwa ini keputusan bersama yang disepakati juga oleh timses pasangan calon.

KPU merencanakan daftar pertanyaan diberikan ke paslon seminggu sebelum debat digelar pada 17 Januari 2019. KPU juga menjelaskan bahwa keputusan ini harus menjadi tanggung jawab bersama.

”Itu jadi tanggung jawab mereka untuk mensosialisasikan itu, jangan semua dibebankan ke KPU, jadi keputusan ini menjadi tanggung jawab bersama,” ujar Komisioner KPU, Pramono dilansir dari detikdotcom pada Senin (07/01/2019).

Pramono juga menjelaskan alasan pemberian bocoran pertanyaan debat capres 2019 ini agar tiap paslon mengedepankan gagasan dan visi misi, jadi jawaban yang diberikan tidak kehilangan substansi.

Pendapat lain dituturkan oleh Pusat Penelitian Politik-LIPI Siti Zuhro bahwa pemberian bocoran pertanyaan debat Capres 2019 ini dapat membuat publik tidak antusias lagi dan animo publik berkurang sebab pertanyaan debat telah duluan dikirim.

Menurutnya debat capres 2019 harus berlangsung cair dan beragumen dengan leluasa. Namun, kembali lagi ini merupakan peraturan dan keputusan bersama.