5 Fakta Menarik Sophialouisa Island (Pulau Sepatang), Pulau Terluar NTB

Pernah mendengar nama Sophialouisa? Nama mantan pacar kamu ya? Hahaha. Bukan, ini nama pulau terluar yang dimiliki Provinsi NTB. Memang tidak banyak yang tahu pulau ini, karena pulau ini tidak berpenghuni seperti pulau lain di NTB. Masyarakat lokal menyebutnya Gili Sepatang atau Gili Patang. Dan wisatawan terutama pecinta olahraga menyelam menyebutnya Magnet Point.

Ada lima fakta tentang pulau ini yang wajib kamu ketahui :

  1. Ditemukan oleh pelaut Sophia dan Louisa

Konon, penamaan Sophialouisa berawal dari pasangan pelaut portugis di jaman kolonial yang pertama kali menemukan pulau ini. Selama ratusan tahun, pulau tersebut dikenal dengan nama Sophialouisa. Ratusan tahun itu pula, masyarakat lokal tidak sepakat dengan nama tersebut. Karena warga sekitar menganggap penamaan itu tidak seperti nama pulau-pulau di Indonesia, malah terkesan mirip nama artis Indonesia Sophia Latjuba. 😀

  1. Akhirnya diganti menjadi Pulau Sepatang

Setelah melalui proses panjang Sekitar tahun 2007 nama pulau ini sepakat diganti, Dengan mengambil nama “Sepatang” yang artinya timbul dan hilang. Kata Sepatang sesuai dengan karasteristik Pulau yang kalau laut sedang pasang maka pulau ini tak nampak.

  1. Perbatasan Laut Indonesia dan Australia

Pulau kecil ini berada di tengah laut yang menjadi batas negara antara Indonesia dan Australia. Secara administratif, Pulau Sepatang masuk wilayah Dusun Teluk Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Menariknya Pulau setapang bersama 111 Pulau lainnya menjadi penentu batas Indonesia dengan negara lain.

  1. Terdapat Mercusuar di tengah Pulau

Seperti Pulau – pulau tak berpenghuni lainnya, di Pulau Sophialouisa (Sepatang) terdapat mercusuar yang berfungsi sebagai navigasi kapal laut dan sumber cahaya.

  1. Spot Menyelam

Eksotisme bawah laut di sekitar Pulau Sepatang mampu menarik wisatawan yang hobi menyelam. Apalagi saat gelombang Samudra Hindia sedang bersahabat, seringkali terlihat kapal cepat berseliweran membawa bule di sekitar perairan Pulau Sepatang. Buat kamu yang penasaran dengan Pulau ini , kalian bisa kesana melalui teluk sepi atau dive zone di bangko bangko.