Bendungan Beringin Sila Mulai Dibangun

Sumbawa (Inside Lombok) – Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. Zulkieflimansyah, meresmikan groundbreaking Bendungan Beringin Sila di Kabupaten Sumbawa pada Senin (21/01/2019). Bendungan tersebut nantinya ditujukan untuk menyuplai kebutuhan irigasi seluas 3.5000 hektare di Beringin Sila, penyediaan air baku bagi penduduk, penyediaan potensi energi PLTM, dan pengembangan pariwisata.

Zulkieflimanysah menyebut pembangunan Bendungan tersebut merupakan hasil kerja sama dari semua pihak. Antara lain Pemerintah Pusat, Pemprov NTB, Bupati Sumbawa, Fahri Hamzah selaku perwakilan DPR RI, serta DPRD Kabupaten dan Kota.

Dalam sambutannya, Zulkieflimansyah mengingatkan agar pembangunan bendungan tersebut diikuti dengan kesejahteraan dan keterlibatan warga sekitar.

“Dimana-mana pembangunan akan terganggu jika tidak melibatkan masyarakat lokal,” ujar Zulkieflimansyah.

Gubernur NTB tersebut juga menambahkan bahwa secara politik, proyek-proyek di Indonesia tidak lagi dikerjakan oleh perusahaan multi-nasional, namun BUMN. Zulkieflimanysah kemudian menyampaikan harapannya agar BUMN menggandeng pengusaha-pengusaha lokal untuk membangun daerahnya.

“Jangan sampai di sini ada keberlimpahan, namun masyarakat sekitar hanya menjadi penonton. Tugas pemerintah adalah mendengarkan kebutuhan dan kita melatih anak-anak kita agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri,” pungkas Zulkieflimansyah.