Jalan-jalan Virtual ke Museum-museum Sejarah di Indonesia

Galeri Nasional Indonesia

Mataram (Inside Lombok) – Akibat pandemi, seluruh akses tempat publik menjadi terbatas. Beruntung, dengan kemajuan zaman dan teknologi saat ini semua orang bisa jalan-jalan secara virtual.

Para pengagum seni dan benda bersejarah atau yang ingin belajar lebih banyak tentang sejarah Indonesia, kini bisa menjelajah museum secara daring.

Berikut beberapa museum yang bisa semeton kunjungi tanpa harus keluar rumah:

1. Museum Nasional Indonesia
Museum yang dikenal dengan sebutan Museum Gajah ini menyimpan begitu banyak koleksi-koleksi bersejarah dari seluruh wilayah di Indonesia.

Semeton bisa berkeliling museum terbesar di Indonesia ini pada virtual tour yang dapat diakses di https://museumnasional.iheritage.id/

2. Galeri Nasional
Bagi semeton yang suka dengan hal berbau seni, semeton bisa menikmati karya-karya seni rupa dari para seniman-seniman ternama dari Indonesia maupun mancanegara, seperti Raden Saleh, Basoeki Abdullah, Affandi, dan lain-lain.

Virtual tour Galeri Nasional yang dapat diakses di https://www.360indonesia.id/virtualtour/VT%20Mobile%20Galeri%20Nasional/VT%20Mobile%20Galeri%20Nasional.html

3. Museum Perumusan Naskah Proklamasi
Berkunjung secara virtual ke museum yang satu ini dapat mengingatkan kita pada proses proklamasi kemerdaan. Semeton akan diajak berkeliling dari ruangan pertemuan hingga ruangan pengesahan naskah proklamasi.
Langsung aja kunjungi virtual tour-nya di http://munasprok.go.id/Web/tour

4. Museum Wayang
Nah, di museum yang satu ini semeton dapat menikmati koleksi-koleksi wayang dari seluruh wilayah di Indonesia. Selain koleksi wayang, semeton juga akan disuguhi keindahan gedung museum yang dulunya adalah bekas gereja peninggalan Belanda.

Semeton dapat mengaksesnya di https://indonesiavirtualtour.com/content/museum-wayang

5. Museum Sumpah Pemuda
Di museum ini, semeton akan disajikan sejarah panjang dari Sumpah Pemuda.
Menariknya, virtual tour ini dilengkapi dengan rekaman suara ketika kongres pemuda dilaksanakan.

Museum ini bisa diakses di
https://indonesiavirtualtour.com/content/museum-sumpah-pemuda