Kapal Pesiar Membawa Dua Ribu Wisatawan Singgah di Lombok

MV. Sun Princess saat mendekati Pulau Lombok. Kapal pesiar ini membawa dua ribu lebih wisatawan untuk berwisata dalam paket sehari di Pulau Lombok pada Jumat (15/03/2019). (Inside Lombok/@econ.dj)

Mataram (Inside Lombok) – Kapal pesiar mewah MV. Sun Princess pada Jumat (15/03/2019) membawa 2.191 wisatawan ke Lombok. Mereka sampai di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat pada pukul 06.15 Wita.

“Ini adalah cruise yang keenam sejak Januari yang sekaligus menunjukkan pariwisata Lombok mulai bangkit,” kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB, H. Lalu Moh. Faozal, Jumat (15/03/2019).

Ia mengatakan bahwa wisatawan ini akan berlibur di Lombok dalam sehari penuh. Mereka mengunjungi Museum NTB, Taman Mayura, pasar seni, Lingsar, Narmada, Senggigi, Desa Tradisional Sade, Kuta Mandalika dan Gili Trawangan.

Mereka disambut dengan tarian Gendang Beleq saat turun dari sekoci. Sun Princess ini menurunkan jangkar di sekitar area Pelabuhan Lembar atau sekitar 500 meter dari dermaga.

Kapal dengan panjang 261 meter serta membawa 855 crew tersebut berangkat dari Pelabuhan Darwin, Australia, MV. Sun Princess dinahkodai oleh Capt.Jon Paul Briyant.

Sementara itu, General Manager Lombok Paradise, Heri Nur Cahyono mengatakan bahwa pada 25 Maret 2019 akan masuk lagi cruise serta sudah ada 11 kapal yang sudah konfirmasi kedatangannya ke Lombok dari rencana 20 cruise dengan rata-rata penumpang antara 1500 hingga 2000 lebih wisatawan.

General Manager Pelindo III Lembar Erry Ardiyanto mengatakan, dengan kedatangan ribuan wisatawan ini, membawa dampak positif karena tentu akan terjadi transaksi berupa jasa transportasi kemudian berbalanja makanan dan suvenir. Ini juga sekaligus membangkitkan gairah pariwisata Lombok pascagempa belum lama ini.