Ketua DPRD Lotim Tanggapi Wacana Pembuatan Hotmix di Rinjani

Ketua DPRD Lotim, Murnan saat ditemui oleh Tim Inside Lombok di ruangannya, di Selong, Jumat (24/07/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Bupati Lombok Timur berencana pengembangan pariwisata Rinjani dan Sembalun. Terkait adanya rencana pembuatan jalan hotmix di Gunung Rinjani, DPRD Lotim sepakat akan rencana tersebut. Namun itu tergantung dari masyarakat.

Ketua DPRD Lombok Timur, Murnan mengatakan semua rencana Bupati tersebut bagus dan bisa menjamah semua kalangan. Namun, tentu kembali ke masyarakat apakah masyarakat menghendaki atau tidak.

“Dengan adanya rencana pembuatan jalan hotmix di Rinjani saya pikir bagus, dapat memudahkan para porter yang membawa barang yang sangat berat, dan juga warga yang lanjut usia bisa menikmati Rinjani,” ucapnya.

Lanjutnya, jika masyarakat menghendaki dan tidak merusak ekosistem yang ada di Gunung Rinjani. Namun, tentu harus memiliki perencanaan yang benar-benar matang untuk pelaksanaannya.

“Saya pikir itu tidak menjadi persoalan, karena kita memiliki pandangan yang berbeda dalam membangun pariwisata,” cetusnya.

Dikatakannya, pihak DPRD tidak punya wewenang dalam membuat Raperda atau menetapkan rencana tersebut. Karena Gunung Rinjani wewenang dari pihak Balai TNGR.

“Kalau pihak TNGR menyetujui tidak jadi masalah,” ucapnya.

Perencanaan harus direncanakan dengan matang, baik dari segi sisi tata ruang, potensi dan harus berdasarkan kajian. Tentu juga dalam sebuah perencanaan harus mempunyai anggaran yang mencukupi agar rencana tersebut bisa dilaksanakan.

“Itu harus dipikirkan matang-matang,” pungkasnya.