Rayakan HUT RI di Sembalun, Pemda Lotim Akan Batasi Kunjungan Wisatawan

Sekretaris Daerah Lotim, M Juaini Taofik saat ditemui di ruangannya beberapa waktu lalu, di Selong (08/08/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Berbagai cara dilakukan masyarakat dalam merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Salah satunya dengan mengibarkan bendera di atas bukit maupun gunung. Namun, kali ini Satgas covid-19 membatasi pengunjung yang akan merayakan HUT RI di kawasan Sembalun.

Sekretaris Satgas Covid-19 Lotim, M Juaini Taufik mengatakan penjagaan di pintu masuk Sembalun akan terus dilakukan. Termasuk pembatasan guna mengantisipasi kerumunan massa. Terutana di bagian Pusuk Sembalun.

“Kita akan tetap lakukan penjagaan di Suela dan juga Kokok Putek,” ucapnya, di Selong, Sabtu (08/08/2020).

Dikatakannya, pihak satgas covid-19 Lotim sudah berkoordinasi dengan pihak Satpol PP untuk terus memperketat penjagaan menuju ke wilayah Sembalun.

“Apalagi perayaan kemerdekaan di wilayah pegunungan sangat diminati masyarakat, untuk itu kita tetap melakukan penyekatan dan membatasi jumlah pengunjung,” jelasnya.

Juaini juga mengharapkan agar penjagaan di pintu masuk pariwisata yang dikelola oleh pokdarwis setempat, agar lebih memperketat pemeriksaan barang bawaannya. Mengingat, aksi dugem yang sempat viral beberapa hari lalu.

“Kita sudah batasi pengunjung dari bawah, kita harapkan pokdarwis lebih perketat penjagaannya, agar aksi dugem tidak terulang lagi,”pungkasnya.