Senggigi Siap ‘Come Back’ Tunjukkan Pesonanya

Suasana senja di kawasan wisata Senggigi (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Senggigi siapkan berbagai event pariwisata dan ekonomi kreatif selama Oktober dan November. Ini untuk memberi kehangatan dan sebagai ucapan salam bahwa Senggigi kini sudah siap menunjukkan pesonanya kembali. Terutama untuk mendukung perhelatan World Superbike di Mandalika.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Lobar, H. Saepul Akhkam, mengutarakan bahwa Senggigi tidak boleh dilupakan. Mengingat ketika awal dahulu NTB terkenal dengan wisata pantainya, Senggigi sempat menjadi primadona.

Sehingga, saat ini salah satu bentuk dukungan Senggigi yang menjadi daerah penyangga KEK Mandalika yang sebentar lagi akan menghelat event internasional. Senggigi akan menggelar event utama yang siap mewarnai akhir pekan selama bulan Oktober.

Ia menuturkan di mana pihaknya telah menyiapkan 14 event besar untuk menghidupkan kembali Senggigi dari mati suri. Namun, banyak yang batal terealisasi karena situasi pandemi yang sempat sangat mengkhawatirkan.

“Ada 14 event yang sudah kita siapkan, harus kita buang karena PSBB dan PPKM” ujarnya, saat ditemui di kantornya, Jum’at (24/09/2021).

Namun, berberapa event yang batal terselenggara itu kini telah disiapkan untuk dihadirkan kembali dalam bentuk yang sedikit berbeda. Event itu pun akan mulai diselenggarakan dari 28 September hingga 10 November mendatang.

“Untuk bulan Oktober dan November kita kembali menyiapkan event sebagai ucapan ‘salam’ untuk kembali ke Senggigi. Sengaja kita selenggarakan sekarang, untuk menyambut WSBK” paparnya.

Terlebih saat ini untuk para pelaku wisata dan akomodasi di kawasan wisata Senggigi dan sekototng rata-rata sudah tervaksin 100 persen. Sehingga Akhkam yakin, dengan begitu herd imunity di kawasan wisata unggulan Lobar itu sudah terbentuk. Sehingga penguatan kapasitas sosial dalam pariwisata bisa dibentuk kembali.

“Event ini sebagian besar kita selenggaran di hotel, supaya dapat membantu menggeliatkan kembali dan ini strategi kita untuk mempromosikan stay cation mereka” imbuh dia.

Calendar of Event yang akan digelar Dispar Lobar sepanjang Oktober hingga awal November mendang, diantaranya. Event road to Senggigi akan dihiasi dengan festival kuliner, gelaran seni mulai dari tari-tarian tradisional, pementasan wayang dan kreasi tari dan lagu daerah. Hingga pameran kerajinan dan tanaman hias dari UMKM Lobar, serta event musik jazz dan kompetisi make up artis siap diselenggarakan.